Share on

Jepang memiliki produksi robot terbanyak di dunia. Sekitar 250.000 robot yang mempunyai fungsi berbeda digunakan di Jepang. Saat ini pun, Jepang masih berusaha mengembangkan teknologi untuk membuat robot-robot yang aneh, termasuk membuat robot yang seperti manusia. Berikut adalah 5 robot aneh menyerupai manusia.

Advertise With Us

Swine Flu Robot

Swine Flu Robot
Swine Flu Robot untuk simulasi gejala flu babi (Sumber: cakeheadlovesevil.wordpress.com)

Robot ini merupakan robot simulasi gejala virus H1N1 atau penyebab flu babi. Robot ini memiliki penampilan seperti manusia, bahkan memiliki luaran yang terlihat seperti kulit. Robot ini digunakan dalam pendidikan medis untuk melatih dokter-dokter untuk bisa mendiagnosis gejala penyakit flu babi seperti batuk, mengeluarkan keringat, dan pernapasan yang tidak teratur.

Robot Repliee R-1

Repliee R-1
Tampilan wajah robot Repliee R-1 yang seperti anak kecil berusia 5 tahun (Sumber: Trend Hunter)

Robot ini memiliki penampilan seperti anak perempuan berumur 5 tahun. Robot ini hampir menyerupai manusia, memiliki 50 macam sensor dan banyak penggerak di seluruh mesinnya. Terlihat mengerikan, robot ini sudah dianggap hampir sempurna agar benar-benar seperti manusia.

Geminoid

Geminoid
Robot Geminoid yang penampilannya mirip dengan manusia di dunia nyata (Sumber: geminoid.jp)

Robot ini adalah robot lain yang bentuknya persis seperti manusia. Namun, penampilan robot ini benar-benar seperti manusia asli yang ada di dunia. Dari penampilan muka, pakaian, hingga rambutnya persis dengan orang lain, sudah seperti klon.

Kaori-chan

Kaori-chan
Robot Kaori-chan, pendeteksi bau mulut (Sumber: thebridge.jp)

Berbeda dengan robot-robot sebelumnya, robot yang satu ini hanya berbentuk seperti kepala seorang perempuan di atas sebuah kotak. Robot ini diciptakan untuk bisa mendeteksi bau napas manusia dan memberitahu jika ada bau napas yang tidak sedap.

Yume Neko Smile

Yume Neko Smile
Robot kucing, Yume Neko Smile (Sumber: Japan Trend Shop)

Meski Robot yang satu ini bukanlah manusia, tapi kucing tampaknya tetap patut masuk ke dalam daftar. Robot ini bisa menjadi pengganti kucing asli untuk mereka yang tidak ingin repot mengurus makanan dan bulu kucing. Memiliki sensor di seluruh tubuhnya, ia akan merespon setiap kontak yang kamu berikan kepada robot kucing ini.

Sumber: 

Business Insider

Huffpost

Japan Trend Shop