Share on

Tidak dipungkiri lagi bahwa negara Jepang merupakan salah satu negara yang paling inovatif dan kreatif di dunia. Namun kreatifitas dan kemajuan teknologinya terkadang terlalu berlebihan sehingga banyak tercipta hal aneh dan tidak biasa yang membuat kaget semua orang, seperti toilet yang memainkan musik, capsule hotel, hingga semangka berbentuk kotak yang membuat Jepang ini memiliki gaya uniknya sendiri.

Advertise With Us

Tidak hanya dari unsur teknologi namun keanehan ini juga dapat ditemui dari perilaku atau kebiasaan orang-orang di sana, dan hal aneh di Jepang ini juga yang menjadi daya tarik bagi turis-turis asing untuk berkunjung ke Jepang.

Berikut ini adalah 10 hal aneh dan tidak umum yang hanya bisa kalian temui di Jepang.

01. Naki Sumo

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Naki Sumo (Gambar peru21.pe)

Jika biasanya para orang tua berusaha untuk membuat anaknya berhenti menangis, namun lain halnya dengan Naki Sumo yang merupakan sebuah kontes tahunan yang diadakan di Kuil Senso-ji, Tokyo dimana pasangan pegulat sumo dengan seorang bayi naik ke atas ring dan berlomba membuat bayinya menangis yang dipercaya dapat menjauhkan roh jahat.

02. Lampu lalulintas berwarna biru

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Lampu lalulintas biru (Gambar theculturetrip.com)

Hampir di seluruh dunia lampu lalulintas berwarna merah untuk berhenti dan hijau untuk berjalan, namun di Jepang lampu untuk berjalan lebih berwarna kebiruan dan bahkan di beberapa tempat berwarna benar-benar biru.

03. Pulau Kelinci (Usagi Shima)

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Pulau Kelinci (Gambar kanzyoumiti.blog23.fc2.com)

Berlokasi di kawasan barat Jepang sebagai bagian dari Prefektur Hiroshima terdapat sebuah pulau yang disebut Okunoshima yang merupakan sebuah pulau kecil yang dipenuhi oleh lebih dari 1,000 kelinci yang berkeliaran secara bebas sehingga mendapat julukan Pulau Kelinci. Kelinci-kelinci tersebut meskipun hewan liar tetapi tetap jinak dan tidak takut akan kehadiran manusia. Pulau ini juga menjadi daya tarik dan banyak dikunjungi oleh turis baik lokal maupun mancanegara.

04. Capsule Hotel

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Capsule Hotel (Gambar cnn.com)

Tokyo merupakan kawasan yang sangat padat penduduk sehingga sangat sulit untuk membuat tempat untuk pengembangan real estate di pusat Tokyo. Namun Jepang telah menemukan solusinya yaitu dengan Capsule Hotel. Meski awalnya dibuat untuk pengusaha namun akhir-akhir ini capsule hotel menjadi populer di kalangan wisatawan. Biasanya sebuah kapsul memiliki panjang 2 meter dengan lebar 1.2 meter dan tinggi 1 meter. Dan menurut orang-orang yang pernah merasakannya mengatakan bahwa tempatnya jauh lebih nyaman dari yang terlihat.

05. Tidur saat bekerja sebagai bentuk dari komitmen

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Inemuri (Gambar undervaluedjapan.blogspot.com)

Di sebagian banyak negara ketahuan tidur saat bekerja tidaklah terlihat baik, lain halnya di Jepang hal itu dilihat sebagai tanda pekerja keras dan bahkan beberapa perusahaan menyediakan waktu untuk tidur bagi pegawainya sekitar selama 30 menit antara jam 1 hingga jam 4 sore yang disebut Inemuri.

06. Toilet super canggih

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Smart Toilet (Gambar snowsbest.com)

Menghabiskan waktu dalam toilet merupakan bagian dari hidup, oleh karena itu kenapa tidak dibuat senyaman mungkin? Mungkin hal itu yang mengawali munculnya toilet canggih yang disebut Smart Toilets di Jepang. Toilet di Jepang sudah menjadi toilet yang paling rumit dibanding di negara lain, sudah tidak aneh menemui toilet yang mengeluarkan parfum, mengangkat tempat duduknya secara otomatis, menghangatkan tempat duduknya, dan bahkan memainkan musik.

07. Cuddle Cafe

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Cuddle Cafe (Gambar whenonearth.net)

Cuddle Cafe pertama kali dibuka di Tokyo pada tahun 2012 yang bernama Soine-ya yang pernah juga diulas sebelumnya. Di dalam kafe ini pengunjung dapat tidur disebelah wanita dengan harga tertentu, dan tentu saja dilarang untuk melakukan hal-hal aneh. Pilihan durasi pun beragam dari 20 menit hingga bahkan 10 jam, pelanggan pun dapat memilih menu pilihan seperti mendapatkan usapan di kepala, pijat kaki, hingga tidur dengan kepala diatas paha wanita.

08. Jangan memberi tip di Jepang

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Tip (Gambar inspiredjapan.com)

Memberikan tip mungkin sudah menjadi kebiasaan yang umum di berbagai tempat. Namun di Jepang hal tersebut dinilai kurang sopan, orang Jepang percaya bahwa pelayanan yang baik sudah seharusnya menjadi standar, dan jika kita mencoba untuk memberi tip sudah sewajarna ditolak. Meskipun ada beberapa tempat pengecualian namun memberikan tip tidaklah umum di Jepang.

09. Vending Machine

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Vending Machine (Gambar vanyufuji.com)

Jepang adalah termasuk negara dengan Vending Machine atau mesin penjual otomatis terbanyak di dunia, dan di Jepang ini Vending Machine tidak hanya untuk menjual camilan atau minuman, tetapi juga menjual bermacam-macam kebutuhan mulai dari makanan kaleng, telur, buah-buahan, ramen, bahkan hingga payung.

10. Semangka berbentuk kotak

10 Hal Aneh Yang Hanya Ada di Jepang!
Semangka berbentuk kotak (Gambar lingofacts.com)

Semangka merupakan buah musim panas yang paling populer di Jepang yang biasanya dijadikan hadiah atau untuk bermain memecahkan semangka memakai tongkat dengan mata tertutup atau yang disebut ‘suikawari’. Namun di Jepang kini ada semangka berbentuk kotak yang terlihat aneh dan juga berharga mahal.

  Featured Image: thetravel.com