Share on

Menjelang perayaan Hari Valentine yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 14 Februari, para gadis-gadis remaja di Jepang pun tengah menyiapkan cokelat untuk diberikan sebahai hadiah kepada teman sekolah, keluarga, rekan kerja hingga pria yang mereka sukai. Namun dalam survei yang diungkap baru-baru ini, para gadis tersebut diketahui justru lebih banyak memberikan cokelat itu kepada rekan sesama wanita lainnya.

Advertise With Us

Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh GMO Media, 773 orang remaja wanita yang terdiri dari siswi SMP dan SMA ditanya mengenai apa saja hal yang mereka lakukan di perayaan Hari Valentine, dan diberikan kepada siapa cokelat - cokelat tersebut, serta seberapa besar biaya yang biasanya mereka keluarkan.

Sedikit berbeda dengan beberapa tempat di belahan penjuru Dunia lainnya, di mana banyak orang memberi cokelat, kartu ucapan atau bunga hanya kepada seseorang yang disukai, namun para gadis remaja di Jepang memberi cokelat rata-rata kepada 15,2 orang. Harga cokelat sendiri tidak murah, dan mereka rata-rata uang yang mereka habiskan untuk membeli cokelat pun bervariasi, dari 506 yen untuk diberikan kepada teman laki-laki atau anggota keluarga sebagai cokelat giri.

Sementara itu, mereka akan membeli cokelat seharga 645 yen untuk teman dan 980 yen untuk orang yang sedang mereka incar untuk dijadikan pacar. Yang paling mengejutkan adalah dari semua cokelat yang diberikan oleh para remaja wanita Jepang,  lebih dari 90 persennya justru diberikan kepada gadis-gadis lain, dan lebih dari 80 persen responden yang mengikuti survei ini pun menikmati Hari Valentine.

Meski begitu, sebagian besar dari mereka masih sangat menantikan perayaan White Day yang diadakan 1 bulan setelahnya. Di mana dalam perayaan tersebut, para gadis di Jepang tengah was-was menunggu hadiah balasan dari sang pria pujaan yang mereka berikan cokelat di Hari Valentine.