Share on

Pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk melarang setiap operator obat kosmetik menggunakan foto pasien sebelum dan sesudah mengunakan produk mereka sebagai iklan, hal ini dikarenakan munculnya beberapa kasus yang menampikan foto hasil manipulasi. Dilansir dari berbagai sumber, keputusan pelarangan tersebut telah disampaikan oleh Kementrian Kesehatan pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 kemarin.

Advertise With Us

Rencana pelarangan muncul setelah Cabinet Office Consumer Commission setempat meminta pihak Kementrian Kesehatan untuk meninjau ulang peraturan tentang iklan tersebut, dan mayoritas anggotanya mengambil keputusan bahwa penggunaan foto semacam itu dalam periklanan harus diatur secara luas.

Pemerintah Jepang Akan Melarang Iklan Operasi Kosmetik Meggunakan Foto Pasien
Woman's body before and after a diet

Pemerintah Jepang akan memberlakukan larangan tersebut pada bulan Juni tahun 2018 mendatang. Mereka memberlakukan larangan iklan kepada berbagai macam iklan kosmetik, termasuk bedah kosmetik kecil dan juga klinik yang menyediakan jasa sedot lemak. Namun foto yang menampilkan gambar pasien sebelum dan sesudah akan diizinkan di acara seperti pertemuan akademis, karena penggunaan foto tersebut tidak mendorong pasien untuk membeli produk semacam itu.

Undang-undang medis di negeri sakura telah melarang iklan yang bohong dan menyesatkan, tapi sangat sulit untuk menentukan apakah foto diambil sebelum dan sesudah menggunakan produk maupun operasi kosmetik itu adalah benar atau hasil manipulasi semata. Salah satu anggota yang menentang larangan tersebut, menyuarakan kekhawatirannya bahwa hal itu hanya akan mengurangi informasi yang diterima pasien, dan hasilnya konsumen lain tidak akan tahu kebenaran dari sebuah produk tersebut.

Di Jepang sendiri, operasi kosmetik seperti mengubah bentuk wajah memang tidak sepopuler jika dibanding negara tetangganya, Korea Selatan. Masyarakat setempat lebih menyukai perawatan tradisional yang telah diwariskan secara turun temurun seperti menggunakan kelopak bunga sakura, teh hijau, minyak bunga camelia dan bahan-bahan alami lainya. Mereka percaya bahwa bunga sakura memiliki kandungan yang bisa menjaga kecantikan kulit, termasuk melembapkan kulit, meregenerasi kulit, dan mengatasi wajah kusam.

( Featured Image : akbzine.com )