Share on

Pada umumnya, pembelajar Bahasa Jepang dapat mengetahui sudah sejauh apa penguasaan mereka melalui Nihongo Nouryokushiken atau JLPT. Meski demikian, karena JLPT tidak mencakup bagian speaking, maka banyak pembelajar Bahasa Jepang yang menilai kemampuan speaking mereka melalui feedback dari orang Jepang.

Advertise With Us

Permasalahannya: pujian yang biasa diberikan orang Jepang , yaitu 日本語お上手ですね (Nihongo o-jouzu desune) yang pada dasarnya berarti, “Bahasa Jepangnya jago, ya”, terkadang tidak lebih daripada sebuah basa basi saja. Oleh karena itu, jawaban seperti apakah yang menandakan Bahasa Jepang kalian sudah benar-benar jouzu?

Seorang netizen dengan username @dogen yang juga mengajar bahasa Jepang melalui YouTube dan Patreon menjelaskannya dalam sebuah video singkat yang diunggahnya di twitter baru-baru ini:

Nampaknya cukup banyak yang pernah mengalami hal serupa dan  meng-amini tweetnya yang sudah mendapat re-tweet sebanyak 2600 kali dan favorite sebanyak 5000 kali tersebut. Di bawah ini adalah beberapa reaksi netizen tersebut:

Bagaimana? Apakah kalian juga setuju dengan video tersebut? Apakah kalian pernah mengalami momen serupa? Bagikan pengalaman kalian di kolom comment di bawah ini, ya!

(Featured image: twitter.com/dogen)