Share on

Sejak berita tentang coronavirus mulai menyebar di seluruh dunia, bahkan sebelum hal ini menjadi pandemi, masker wajah sekali pakai sudah tidak banyak tersedia di Jepang. Dengan kondisi banyak orang yang menimbun, berebut, sampai mencuri juga, bahkan menyikut satu sama lain untuk mendapatkan masker, penutup wajah yang banyak diminati ini masih sangat sulit ditemukan. Tetapi masyarakat yang kreatif kini datang dengan ide-ide baru untuk membantu menangani masalah tersebut, dan salah satu solusi buatan tangan yang akan kita coba hari ini merupakan salah satu solusi terindah yang kami lihat sejauh ini, masker origami.

Masker Origami (soranews24.com)
Masker Origami (soranews24.com)

Ide ini pertama kali menjadi perhatian semua orang berkat video instruksional dari Sekolah Seni Polandia, yang dengan cepat menjadi viral di dunia online. Tidak hanya cantik, tapi juga sangat sederhana, dan yang kita butuhkan hanyalah beberapa lembar tisu, dua ikat rambut, dan stapler. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bentuk handuk kertas atau tisu yang kalian gunakan harus yang berbentuk persegi panjang. Jadi ayo kita membuat masker origami ini bersama-sama!

Gunakan tisu berbentuk persegi panjang (soranews24.com)
Gunakan tisu berbentuk persegi panjang (soranews24.com)

Sekarang saatnya membuat empat lipatan sederhana, diilustrasikan dalam gambar dari kiri ke kanan, atas ke bawah.

Tahapan melipat masker origami (soranews24.com)
Tahapan melipat masker origami (soranews24.com)

Pastikan untuk melipat setiap lipatan dengan kuat agar tetap di tempatnya. Proses melipat tidak terlalu sulit, terutama jika kalian pernah membuat origami sebelumnya. Namun, setelah empat lipatan awal ada serangkaian yang lebih rumit yang perlu diperhatikan.

Lihatlah video di atas ini untuk lebih jelasnya bagaimana hal itu dilakukan.

Hmmm kami juga mengalami sedikit kesulitan untuk mendapatkan hasil akhir yang sama dengan mahasiswa seni Polandia yang mengemukakan gagasan masker origami ini.

Masker origami? (soranews24.com)
Masker origami? (soranews24.com)

Jika kalian berakhir dengan hasil seperti kami, jangan putus asa! Cukup coba dan coba lagi sampai kalian mendapatkan garis yang sama bagus dan rapih seperti masker origami asli. Jika kalian menggunakan handuk kertas atau tisu yang sedikit lebih besar seperti yang ada di video, hal tersebut akan memberi ukuran yang lebih baik untuk menutupi wajah.

Umm ... sama saja? (soranews24.com)
Umm ... sama saja? (soranews24.com)

Namun, bagian bawah topeng terasa lebih panjang daripada bagian atas, jadi masih ada ruang untuk perbaikan. Tapi itulah keindahan masker origami, karena kita dapat mencoba berbagai panjang kertas tisu untuk dapat menyesuaikannya dengan bentuk wajah kita sendiri!

DIY Masker Origami (soranews24.com)
DIY Masker Origami (soranews24.com)

Sekarang kita semua telah berusaha membuat masker origami, jadi kita akan selalu siap sedia memiliki penutup wajah dalam keadaan darurat. Jika kalian mencari ide topeng DIY yang lebih praktis, ada banyak opsi yang tersedia, meliputi desain yang terbuat dari kain, kaus kaki, dan bahkan membuat masker bra. Oh, dan jika kalian bertanya-tanya tentang efektivitas masker handuk kertas, lihat eksperimen ini dari Associate Professor of Applied Chemistry di Keio University.