Share on

Pernahkah kalian merasa jatuh cinta? Sepertinya kita semua pernah ya merasakannya. Cinta adalah sebuah kata yang kompleks dan terkadang akan membawa kita ke arah hubungan dan situasi yang tidak kalah kompleksnya. Selain itu setiap negara memiliki budaya unik dalam mengekspresikan cinta antara satu sama lain, begitu pula dengan Jepang. Di sini kita akan mengenal seni menyatakan cinta dari Jepang yang disebut “kokuhaku”.

Apa itu kokuhaku?

Jepang memiliki budaya menyatakan cinta yang dikenal sebagai kokuhaku. Kokuhaku memiliki arti "pengakuan." Ini bagian yang cukup menarik dari kehidupan masyarakat Jepang. Seseorang yang menyukai orang lain akan menyatakan perasaan cintanya dan bertanya apakah dia bisa menjadi kekasihnya. Ini juga berlaku tidak hanya untuk pria tetapi juga untuk wanita. Kokuhaku juga bisa berarti keinginan kalian untuk memiliki hubungan dengan orang tersebut atau sangat ingin bertemu dengannya.

Kokuhaku
Kokuhaku (japanesestation.com)

Aturan dari kokuhaku

Ingat, sekali kalian sudah mengakui cinta kepada seseorang yang kalian suka, penting untuk berjanji tidak akan lagi berkencan dengan orang lain (di Jepang kencan sebelum berpacaran dapat dilakukan ya). Jika kalian melanggar, maka itu bisa disebut "curang." Ini mungkin tampak tidak masuk akal dalam budaya lain, tetapi itulah yang terjadi di Jepang. Kokuhaku adalah komitmen eksklusif untuk satu-satunya orang yang menjadi pasangan kalian.

Saat kokuhaku diterima

Ini mungkin tampak seperti detik-detik yang menakutkan bagi orang yang menunggu jawaban atas pernyataan cintanya, karena setelah pernyataan diterima barulah hubungan serius dapat dimulai. Ini adalah satu-satunya saat kalian berdua secara resmi menjalin hubungan kekasih dan menjadi pacar satu sama lain. Kalian mungkin memiliki pengalaman kencan atau pertemuan yang tak terhitung jumlahnya, tetapi hubungan serius hanya dapat dimulai setelah kokuhaku diterima.

Tips menyatakan cinta
Tips menyatakan cinta (relrules.com)

Hal-hal yang penting untuk kalian ingat

Jika kalian ingin menyatakan cinta ala orang Jepang, harap perhatikan hal-hal berikut:

  • Jangan pernah menyatakan perasaan melalui pesan singkat ya. It’s big no-no!
  • Jangan pernah mengungkapkan terlalu banyak hal yang kalian ketahui tentang orang tersebut. Ini mungkin membuatnya takut dan berpikir bahwa kalian adalah stalker.
  • Jangan pernah mengungkapkan cinta dengan menuliskannya di papan tulis untuk dilihat semua orang.
  • Namun kalian bisa menuliskan pengakuan cinta di kartu tahun baru lho.
  • Jangan pernah tunjukkan slip gaji kalian, ini ga sopan.
  • Jika kalian orang asing dan kalian belum sedekat itu. Jangan pernah memberi bunga saat menyatakan.
  • Jadi tunggu apa lagi? Akui cintamu sebelum kena tikung orang lain!