Share on

Banyak orang di berbagai belahan dunia yang melakukan diet. Seperti yang kita tahu, berdiet, selain dapat mengurangi kegemukan, juga dapat membantu pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa cara orang Jepang dalam menggunakan trik-trik psikologis untuk membantu diet mereka, terutama, bagaimana caranya agar tidak makan berlebihan:

Advertise With Us

  1. Mendengarkan musik saat makan

Eits, ini bukan sekedar mendengarkan musik saja, lho. Dengarkanlah lagu yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon rasa bahagia, misalnya lagu-lagu Mozart. Hal ini dapat menstimulasi pusat rasa kenyang, sehingga mencegah kebanyakan makan. Hindari lagu dengan tempo cepat karena malah bisa membuat kecepatan makan berubah, dan malah jadi makan terlalu banyak!

  1. Tidak perlu merasa bersalah saat makan kue

Orang-orang yang merasa bahwa makan kue itu "menyenangkan" lebih lancar dalam mengontrol berat badan dibanding orang yang merasa bersalah saat makan kue. Selain itu, kesadaran mereka akan kesehatan dan makanan pun tinggi. Malah, banyak orang yang merasa bersalah setelah makan kue lalu menjadi stres karenanya dan berhenti diet, yang malah menyebabkan berat badan naik.

  1. Pilihlah alat makan dengan baik

Jika kalian mengubah ukuran piring kalian, kesan yang kalian dapat tentang jumlah makanan yang kalian makan akan berubah tanpa tergantung jumlah sebenarnya makanan yang kalian makan. Selain itu, gunakanlah sendok yang ukurannya lebih kecil, karena kalian akan lebih sering menyuap dan lebih cepat kenyang. Selain itu, gunakanlah warna alat makan yang kontras dengan warna nasi. Berdasarkan penelitian, 92% orang mengambil nasi lebih banyak saat menggunakan mangkuk putih.

  1. Pakaian yang tepat akan membantu diet

Tiga hari sekali pun tidak mengapa, cobalah kenakan baju yang ukurannya pas dengan badan kalian. Melakukan hal ini dapat membantu kalian menjaga bentuk badan. Selain itu, kalian akan lebih mudah merasa kenyang. Bahkan ada penelitian bahwa orang yang memakai baju longgar akan lebih mudah naik berat badan.

  1. Jumlah orang saat makan pun berpengaruh!

Jika dibandingkan, jumlah makanan yang kalian makan pada saat makan bersama lebih dari 7 orang, misalnya pada saat pesta, dan sebagainya, akan lebih banyak 96% dari jumlah makanan yang kalian makan saat sendirian.

  1. Ambil nafas dalam-dalam sebelum makan

Secara alami, makan akan mengambil waktu lebih banyak, dan jika mengunyah lebih banyak dan perlahan, maka kita akan merasa kenyang sebelum makan terlalu banyak, sehingga akan menghindarkan kita dari makan terlalu banyak.

Demikian beberapa trik psikologis yang dipakai orang Jepang untuk membantu diet. Jika kalian baru mulai berdiet,  ingatlah untuk tidak terlalu memaksakan diri, dan 3 hari pertama mungkin akan menyengsarakan, namun ke depannya akan lebih mudah untuk dijalani. Semoga sukses dengan diet dan hidup sehat kalian!

(Featured image: kirei-kenkou.com)