Share on

Umeboshi adalah salah satu makanan tradisional yang terkenal dari Jepang. Umeboshi terbuat dari buah plum yang diasinkan, dengan rasa asam dan asin yang cukup kuat. Umeboshi seringkali digunakan sebagai isian untuk onigiri maupun teman nasi untuk bekal. Namun, ternyata di Jepang, umeboshi pun digunakan untuk membantu diet.

Advertise With Us

Diet Ala Jepang Menggunakan Hot Umeboshi
(image: allabout.co.jp)

HOT UMEBOSHI

Makanan yang suka digunakan oleh orang Jepang untuk membantu dietnya adalah Hot Umeboshi, yaitu umeboshi yang dihangatkan di kompor atau microwave, dan dikonsumsi 3 butir dalam sehari. Umeboshi hanya mengandung 3-6kcal kalori per biutirnya, dan ditambah lagi memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

RAHASIA DI BALIK KHASIAT HOT UMEBOSHI

Diet Ala Jepang Menggunakan Hot Umeboshi
(image: allabout.co.jp)

Umeboshi mengandung sebuah zat bernama vanillin, sebuah zat yang akan diserap tubuh di usus kecil dan menstimulasi sel-sel lemak. Karena stimulasinya itulah, vanillin akan membantu lemak terbakar lebih mudah. Selain itu, di dalam umeboshi juga terdapat zat yang bernama vanillin glukosida, yang mirip dengan vanillin, namun tidak memiliki efek mempermudah terbakarnya lemak dalam tubuh. Dengan memanaskan umeboshi, vanillin glukosida akan berreaksi menjadi vanillin, sehingga dengan memanaskannya, kandungan vanillin dalam umeboshi akan meningkat sampai 20%!

Selain itu, ada zat bernama mumefural, yang akan muncul jika umeboshi dipanaskan. Mumefural memiliki khasiat melancarkan peredaran darah. Lancarnya aliran darah akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh meningkat. Hal ini bermanfaat dalam membantu diet.

CARA MEMBUAT DAN MEMAKAN HOT UMEBOSHI

Diet Ala Jepang Menggunakan Hot Umeboshi
Hot Umeboshi disarankan untuk dimakan 3 buah dalam sehari (image: allabout.co.jp)

Membuat hot umeboshi dapat dilakukan dengan menggunakan microwave maupun wajan dan kompor. Karena kandungan vanillin tidak akan menurun walaupun menjadi dingin, jika dimasukkan ke dalam kulkas setelah dibuat pun tidak masalah.

Karena setelah dipanaskan pun rasa umeboshi tidak berubah, maka cocok dimakan begitu saja, maupun dijadikan tumisan atau dijadikan campuran saus, atau bisa juga dimasukkan ke dalam air hangat dan diminum.

Meskipun bermanfaat untuk diet, umeboshi memiliki kandungan garam yang tinggi, jadi tidak boleh dimakan terlalu banyak, dalam sehari, maksimal makan sampai 3 butir.

KHASIAT UMEBOSHI UNTUK DIET DAN KECANTIKAN

  • Asam sitrat di dalamnya membuat aliran darah menjadi lancar, meningkatkan metabolisme sehingga mengurangi kegemukan.
  • Asam sitrat membantu melemaskan otot-otot, jika dibantu dengan perenggangan sehari-hari maka akan meluaskan range pergerakan badan, sehingga membantu membakar kalori lebih banyak.
  • Asam sitrat juga memberi stimulasi pada perut, membantu pengeluaran kotoran dari dalam tubuh sehingga membantu menghilangkan selulit.
  • Asam oleanolat yang terkandung di dalamnya memiliki fungsi mencegah naiknya kadar gula dalam darah.
  • Kandungan flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai anti-oksidan.

Umeboshi yang kelihatannya adalah sebuah makanan yang sangat sederhana pun dapat membantu diet dan kesehatan hanya dengan memakannya sesudah dipanaskan terlebih dahulu. Mungkin memang awalnya perlu penyesuaian dengan rasanya, namun, tidak ada ruginya untuk dicoba!