Share on

Kalau kalian suka menonton anime atau membaca manga, tentunya kalian sudah familiar dengan konsep arubaito atau yang biasa orang Jepang sebut dengan baito saja. Baito atau kerja sambilan banyak dilakukan di Jepang terutama oleh para pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan uang tambahan. Berikut adalah beberapa kemampuan unik yang didapat oleh orang Jepang dari baito (yang kadang-kadang tidak jelas terpakai atau tidak).

Advertise With Us

  • Memahami orang hanya dari wajahnya saja

Ada jenis baito yang pada pekerjaannya sering bertemu dengan orang, sehingga pemahamannya akan manusia bertambah dalam. Contohnya adalah akun twitter @takuchandebu yang mengatakan bahwa kemampuan yang ia dapat dari baito adalah "kemampuan mengetahui apakah konsumen perlu kantung plastik atau tidak dari auranya saja".

  • Penciuman super

Sering mencium aroma tertentu secara terus menerus pun rupanya dapat membuat kalian mengembangkan kemampuan khusus. Akun twitter @galileo912 mengatakan bahwa kemampuan yang ia dapat dari baito adalah "kemampuan membedakan satu merk pelembut dan deterjen dari yang lain hanya dengan mencium wanginya saja".

 
  • Kemampuan menghilangkan kesadaran

Baito yang membosankan ataupun banyak waktu senggangnya, ternyata dapat memunculkan kemampuan menghilangkan kesadaran (alias tidur di mana saja). Salah satunya adalah akun twitter @chika0727m yang mengatakan bahwa "Saking seringnya tidur di tengah pekerjaan, sekejap kesadaranku hilang…. Aku mendapat kemampuan tidur dengan mata terbuka".

Selain kemampuan yang berguna atau tidaknya dalam kehidupan perlu dipertanyakan lebih lanjut di atas, ada juga kemampuan yang didapat selama baito yang nampaknya cukup bermanfaat seperti:

  • Kemampuan membungkus barang

Bagi mereka yang selama baito mendapat pekerjaan bungkus-membungkus bisa jadi akan bisa mengaplikasikan kemampuannya itu di kesempatan lain, seperti misalnya akun twitter @mogumoguma130 yang berkata "Berkat pengalaman saya baito di miscellaneous goods shop, bahkan orang kikuk seperti saya pun bisa membungkus barang pecah belah dengan lancar. Ingin rasanya saya menyemangati diri sendiri di masa itu, bahwa walaupun hanya part-timer, tapi ke depannya akan bermanfaat

Ada juga kemampuan yang didapat dari baito, yang entah berguna atau tidak di luar pekerjaannya, namun cukup keren, seperti kemampuan ini:

  • Entah sejak kapan punya kemampuan selevel pro

Ada pula baito yang di pekerjaannya melakukan hal yang sama terus menerus dan karena itu memiliki kemampuan selevel pro, namun entah apakah kemampuan itu akan berguna atau tidak di luar baito itu. Meski demikian, bisa jadi kemampuan ini dapat menghasilkan sesuatu yang keren, seperti akun twitter @MARU410 yang berkata "Ini adalah skill membuat coffee latte nampak enak, yang kudapat dari kerja sambilanku".

Demikian sebagian dari kemampuan-kemampuan unik yang entah berguna atau tidak, yang didapatkan orang Jepang pada saat mereka kerja sambilan. Di antara kemampuan-kemampuan di atas, kemampuan manakah yang paling menarik menurut kalian? Apa kalian punya pengalaman yang sama? Ayo share cerita mengenai kemampuan yang kalian dapat dari pekerjaan kalian!

(Featured image: jooy.cdn-dena.com)