Share on

Mendengar kata Jepang, kemungkinan besar, pikiran kita akan melayang ke ibu kotanya, kota metropolitan yang ramai yaitu Tokyo. Tapi tahukah kalian di Jepang juga masih banyak terdapat wilayah yang jauh dari hingar bingar perkotaan? Adalah pulau Sugashima, pulau kecil seluas 4,5 km2 ini termasuk pada bagian kota Toba, Prefektur Mie. Kebanyakan orang Jepang sendiri jarang mengunjungi pulau tersebut, selebihnya mereka hanya mengunjungi Kota Toba yang terkenal sebagai penghasil mutiara Mikimoto dan kuil Ise Jingu.

Advertise With Us

ise-jingu-3.jpg

Pulau Sugashima ini terkenal sebagai pulau penghasil sumber daya laut seperti udang ise, lobster dan rumput laut. Meskipun kecil, tetapi masyarakat disana memanfaatkan wilayah tersebut dengan baik. Selain wilayah yang ditinggali, selebihnya dimanfaatkan untuk mengolah hasil laut lalu untuk area perbukitan dimanfaatkan sebagai ladang untuk pertanian. Dari julukannya sendiri telah diketahui kalau pulau ini sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

420-1.jpeg

420-2.jpeg

Di sana, tak  ada satupun sarana transportasi umum. Hal tersebut sangat wajar dengan luas wilayah dan infrastruktur jalan yang tidak banyak, hanya jalan setapak dan jalanan sempit semacam gang. Warga di sana biasanya menggunakan alat transportasi yang umum digunakan seperti sepeda. Tapi jangan salah, kehidupan disana cukup makmur . Rata-rata setiap keluarga memiliki mobil pribadi yang diparkir di tempat penyewaan di kota.

800px-菅島灯台_~黒崎_Sugashima_Lighthouse_and_Kozukumi_Island.jpg

Pulau ini juga memiliki mercusuar yang terletak diatas bukit, dari sana kita dapat melihat pemandangan laut yang indah.

bagaimana, cocok untuk dijadikan tujuan liburan bagi kalian yang osan dengan hiruk-pikuk perkotaan, bukan?

(Images: iseshima-kanko.jp, wikimedia, jalan2kejepang.com)

[zombify_post]