Berita Jepang | Japanesestation.com

Berita duka datang dari sutradara anime legendaris sekaligus co-founder Studio Ghibli, Isao Takahata yang meninggal dunia di usia ke-82 tahun. Sosok pria yang berada dibalik deretan anime populer seperti Princess Kaguya dan lain-lain tersebut menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis (5/4) lalu, di salah satu rumah sakit yang berada di Tokyo, Jepang.

Dilansir dari berbagai sumber, situs berita lokal, Sanspo dan NTV News 24 melaporkan berita tersebut. Keduanya mengutip pihak-pihak terkait yang tidak disebutkan namanya dan menyatakan bahwa Isao Takahata telah mengalami penurunan keadaan kesehatan sejak musim panas lalu. Seorang kenalan pribadi yang tidak disebutkan namanya juga mengatakan bahwa Takahata tampak sangat kurus ketika mereka terakhir kali melihatnya pada bulan November lalu.

The Tale of Princess Kaguya, yang memulai debutnya pada tahun 2013 jadi film anime terakhir yang disutradarainya. Kepada laman berita entertainment, Variety di tahun 2016 silam, Takahata mengatakan, "Saya memiliki beberapa proyek yang masih ada di dalam pikiran saya yang saat ini sedang saya kerjakan untuk bisa merealisasikannya. Apakah itu akan diselesaikan sebagai film, tidak ada seorang pun yang dapat mengetahuinya, termasuk saya sendiri."

Huawei MatePad Pro

Karir Isao Takahata dimulai ketika Ia bergabung dengan Toei Douga yang sekarang dikenal sebagai Toei Animation pada tahun 1959 setelah lulus dari Universitas Tokyo. Dia memiliki karir yang bagus dengan menyutradarai film klasik seperti Little Norse Prince Valiant, Alpen no Shoujo Heidi, Anne of Green Gables, dan Panda! Go, Panda!, sebelum mendirikan Studio Ghibli bersama dengan Hayao Miyazaki.

(Featured Image : Variety.com)