Share on

Kastil Kumamoto adalah kastil Jepang di puncak bukit yang terletak di Chūō-ku, Kumamoto di Prefektur Kumamoto, Kyushu. Kastil ini memiliki benteng yang besar dan kokoh. Rekonstruksi beton untuk bangunan benteng (天守閣 tenshukaku) dilakukan pada tahun 1960, tetapi beberapa bangunan kayu tetap menjadi bagian kastil asli. Kastil Kumamoto dianggap sebagai salah satu dari tiga istana utama di Jepang, bersama dengan Kastil Himeji dan Kastil Matsumoto. Tiga belas struktur di kompleks kastil ini ditetapkan sebagai Properti Budaya Jepang yang sangat penting.

Advertise With Us

Kastil Kumamoto telah mengalami kerusakan dalam gempa berkekuatan 6,2 SR yang melanda Jepang pada 14 April 2016, di kota Mashiki di prefektur Kumamoto. Kejadian ini secara substansial mirip dengan gempa Kumamoto tahun 1889 yang juga merusak kastil. Sebuah dinding batu di kastil tersebut sebagian roboh, dan beberapa ornamen shachihoko istana jatuh dari atap  dan pecah. Kerusakan terus berlanjut pada keesokan harinya pada tanggal 15 April setelah gempa berkekuatan 7,3 di mana beberapa bagian benar-benar hancur.

Pada 8 Juni 2016, upaya untuk memperbaiki kastil telah dimulai. Pemugaran menara utama akan selesai pada tahun 2019. Penyelesaian perbaikan secara penuh dan pemugaran seluruh kastil dijadwalkan untuk ditetapkan pada tahun 2036.

Berikut adalah beberapa foto rekontruksi kastil Kumamoto saat ini :
Penampilan Kastil Kumamoto yang Sedang Direkontruksi Setelah Rusak Akibat Gempa
Kastil ini direkontruksi untuk menjadi bangunan beton
Penampilan Kastil Kumamoto yang Sedang Direkontruksi Setelah Rusak Akibat Gempa
7 ribu genting dan Shachihoko jatuh setelah diguncang 2 kali gempa
Penampilan Kastil Kumamoto yang Sedang Direkontruksi Setelah Rusak Akibat Gempa
Penampakan dekat dari rekontruksi Kastil
Beberapa foto kerusakan di Kastil Kumamoto :

(All images taken from Buzzfeed Japan)

(featured image : Buzzfeed Japan)