Share on

Punya teman wanita Jepang? Jika kamu memperhatikan, wanita Jepang selalu menutupi mulut mereka dengan tangan ketika mereka tertawa atau tersenyum. Kenapa? Ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini.

Advertise With Us

Tidak seperti budaya di banyak negara lain yang menghargai senyuman indah, wanita Jepang yang tertawa atau tersenyum sambil menunjukkan gigi sering kali tidak disukai. Kenapa? Karena, dalam budaya tradisional Jepang, wanita tidak boleh tertawa lepas, hal ini dianggap kurang anggun dan kurang sopan jika dilakukan oleh wanita.

Wanita Jepang
Kenapa wanita jepang menutupi mulut saat tertawa? (matcha-jp.com)

Masyarakat Jepang juga melihat bahwa wanita yang tertawa sambil menutupi mulutnya dinilai lebih anggun dan menjadi daya tarik bagi diri mereka sendiri. Karena itu, wanita Jepang secara tidak langsung didorong untuk tertawa dan tersenyum dengan anggun.

Selain itu, orang Jepang pada umumnya memiliki gigi yang tidak rata atau tidak rapi. Meskipun hal ini dianggap manis bagi beberapa orang, tetapi banyak wanita Jepang yang malu untuk menunjukkan gigi mereka yang tidak rapi.

wanita Jepang
Kenapa wanita jepang menutupi mulut saat tertawa? (matcha-jp.com)

Dan, alasan lainnya, masyarakat Jepang juga merupakan masyarakat yang kolektif, dan orang-orang cenderung meniru perilaku orang lain agar semua orang terlihat sama dan sejajar. Kita mungkin tidak menyadarinya, tetapi wanita Jepang secara alami mengikuti perilaku wanita lain.

Alasan terakhir mungkin tidak begitu masuk akal bagi orang asing, tetapi begitu kamu tinggal di Jepang untuk beberapa saat, kamu akan terbiasa dengan budaya ini.