Share on

Pada tahun 2019 lalu, majalah Forbes membuat daftar 50 orang terkaya di Jepang. Nah, kira-kira siapa nih yang menempati posisi 5 teratas sebagai orang Jepang terkaya? Nah, mari kita lihat!

Advertise With Us

1. Tadashi Yanai: 24,9 Miliar Dolar Amerika (Sekitar 360 Triliun Rupiah)

Orang Jepang terkaya japanesestation.com
Tadashi Yanai (wikipedia.org)

Salah satu orang terkaya di dunia adalah pendiri perusahaan retail Fast Retailing sekaligus pendiri dan pemilik brand pakaian Uniqlo, Tadashi Yanai. Posisi Yanai sebagai orang terkaya di Jepang sempat turun, tapi kembali naik ke posisi tertinggi pada tahun 2016 berkat keuntungan yang diraup Uniqlo di seluruh dunia. Sebelum sesukses sekarang, pria berusia 71 tahun ini memulai bisnisnya dengan mendagangkan peralatan dapur pada tahun 1970-an hingga membuka toko pertamanya di Hiroshima pada tahun 1985.

Mulai dari tahun 2018 silam, Yanai mendapat kenaikan sedikitnya 5,6 juta dolar Amerika dari perbandingan year-over-year, merebut kembali posisi pertama dari Masayoshi Son.

2. Masayoshi Son: 24 Miliar Dolar Amerika (Sekitar 340 Triliun  Rupiah)

Orang Jepang terkaya japanesestation.com
Masayoshi Son (wikipedia.org)

Meski mendapat kenaikan keuntungan sebesar 2,1 juta dolar Amerika di ranking Forbes pada tahun 2018, Masayoshi Son tetap terlempar dari peringkat 1 orang terkaya di Jepang pada tahun lalu. Kekayaan presiden dan CEO dari SoftBank Corp. ini hampir semuanya terkait dengan perusahaan miliknya itu. SoftBank Vision Fund juga telah berhasil memperoleh 45 juta dolar Amerika dari Dana Investasi Publik Saudi Arabia, belum termasuk jumlah-jumlah lain dari Apple dan perusahaan lain.

3. Takemitsu Takizaki: 18,6 Miliar Dolar Amerika (Sekitar 269 Triliun Rupiah)

Kekayaan pendiri perusahaan elektronik global Keyence, Takemitsu Takizaki mengalami kenaikan sekitar 1 juta dolar Amerika antara tahun 2018 dan 2019 lalu, membuatnya naik ke peringkat 3 dari peringkat 4 pada tahun 2018. Perusahaan milik Takemitsu dikenal sebagai perusahaan teknologi besar yang kerap menyumbangkan uang dalam jumlah besar untuk penelitian. Keyence sendiri paling terlihat perkembangannya di Cina, di mana sensor buatannya digunakan untuk mengawasi kinerja mesin dan robot-robot di pabrik.

4. Nobutada Saji (dan keluarga): 10,8 Miliar Dolar Amerika (Sekitar 156 Triliun Rupiah)

Kekayaan direktur Suntory Holdings, Nobutada Saji beserta keluarganya sebenarnya mengalami kenaikan sekitar 7,2 juta dolar Amerika dibanding dengan tahun 2018 lalu, membuatnya mengalami kenaikan terbesar dibanding orang terkaya lain di daftar ini. Sayangnya, informasi terbaru yang beredar melaporkan bahwa kekayaan Suntory nyatanya lebih kecil dibanding yang kita pikirkan, dan sebagian kekayaannya dimiliki oleh badan amal, membuatnya tidak termasuk dalam kekayaan Nobutada Saji. Tak hanya itu, keluarga Saji juga mengalami keterpurukan dengan penjualan bir yang menurun secara global.

Saji pun memberikan kuasa Suntory Holdings pada tahun 2014, membuat Suntory dimiliki oleh orang dari luar keluarga Torii untuk pertama kalinya sejak tahun 1899. Meskipun begitu, Saji tetap menduduki posisi direktur di Suntory Holdings.

5. Hiroshi Mikitani: 6 Miliar Dolar Amerika (Sekitar 86 Triliun Rupiah)

Orang Jepang terkaya japanesestation.com
Hiroshi Mikitani (wikipedia.org)

Meskipun usianya telah mencapai 55 tahun, Hiroshi Mikitani  bisa disebut sebagai miliuner paling aktif di Jepang. Ia adalah direktur dan CEO dari retailer online terbesar Jepang, Rakuten, dan pemilik dari Ebates, sebuah situs asal Amerika Serikat. Tak hanya itu, ia juga menjadi sponsor untuk Golden State Warriors NBA dan tim sepakbola FC Barcelona dengan menyumbangkan 120 juta dolar Amerika pada tahun 2017. Ia juga membeli  OverDrive, sebuah toko buku elektronik Amerika pada tahun 2014 dengan harga 400 juta dolar Amerika, sesaat sebelum menghabiskan 300 dolar Amerika untuk membeli sekitar 12% dari saham yang dimiliki oleh layanan servis mobil, Lyft. Sayangnya, tingkat penjualan rendah di Inggris, Austria, dan Spanyol memaksa Rakuten untuk menutup layanannya di lokasi tersebut, membuatnya hanya menempati peringkat 5 sebagai orang terkaya di Jepang.

Nah, itulah 5 orang Jepang terkaya saat ini!