Share on

Setelah diumumkan memasuki masa darurat COVID-19 pada 16 April lalu, kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang berubah. Rasanya, lama kelamaan kita serasa hidup dalam film bergenre dystopian. Nah, baru-baru ini ada “rasa dystopian” lain yang viral dan bikin kaget di Jepang, sebuah box kolaborasi antara Evangelion dan Uniqlo. Nah, seperti apakah box itu?

Awalnya, box misterius itu diterima oleh seorang pengguna twitter @AkaneSato. Setelah ia mengunggah foto bos tersebut ke akunnya, cuitannya menjadi viral.

Akane baru saja memesan pakaian dari toko pakaian populer Uniqlo. Uniqlo sendiri dikenal sebagai brand yang hobi berkolaborasi dengan icon-icon pop culture Jepang, seperti Dragonball Z, Sailor Moon dan Mario. Awalnya, Akane bingung dan tidak yakin tentang kolaborasi apakah yang sampai membuat Uniqlo mengeluarkan box unik itu. Namun, akhirnya dia mengatakan dalam cuitannya:

"Melihat keadaan negara yang memasuki masa darurat, desain ini sangat cocok. Sangat beraura dystopian. Sepertinya ini juga karena kolaborasi dengan Eva.”

Eva, atau Neon Genesis Evangelion, memang tengah bekerja sama dengan Uniqlo dalam membuat berbagai T-shirt untuk merayakan rilisnya film baru Evangelion baru nanti. Dan tak hanya T-shirts,  sebuah box limited edition Evangelion  juga tersedia untuk pengiriman. Box itu didesain dengan font khas yang menggambarkan seri Evangelion. Misalnya, pada bagian atas box ada kata “衣類 (irui)” yang terlihat menyramkan dalam font ala Evangelion. Namun kamu tak perlu khawatir, irui berarti “pakaian” kok.

Kolaborasi Uniqlo dengan Evangelion Buat Pengguna Twitter Bingung
Bagian atas box kolaborasi Evangelion dan Uniqlo. (twitter: @AkaneSato)

Meskipun Akane bahkan tak sadar akan campaign tersebut, dia tetap menerima pesanannya dalam box limited edition itu, membuatmu yakin kalau setiap pesanan yang diterima Uniqlo akan dikirimkan dengan box unik tersebut walaupun pesananmu sama sekali tak ada kaitannya dengan barang-barang bertema Evangelion.

Sementara para fans bahagia dengan kolaborasi itu, beberapa pengguna Twitter malah dibuat bingung dengan desain box itu. Misalnya orang ini:

“Aku juga mendapatkan box ini. Aku sama sekali tak tahu kalau ada kolaborasi dengan EVA , jadi aku berpikir desain ini terkait dengan corona virus. Nyatanya ini hanya bentuk promosi film, haha!”

Berbeda dengann orang yang bukan fans anime bergenre mecha itu, para fans mengatakan desain tersebut sangat “EVA”.

Kolaborasi Uniqlo dengan Evangelion Buat Pengguna Twitter Bingung
Box limited edition kolaborasi Evangelion dan Uniqlo (twitter: @Jomon)

Fans-fans Jepang sangat senang dengan hadirnya box limited edition ini. Bahkan, banyak dari mereka yang mengatakan ingin memiliki box tersebut.

“Aku ingin box itu!!”

“Aku tak akan membuang box itu. Aku akan menumpuknya saja.”

“Aku jadi ingin membeli sesuatu agar aku bisa mendapatkan box itu!!”

“Box-nya terlalu keren untuk dibuka!”

“Aku benar-benar menginginkan box itu, tapi aku tidak butuh pakaian baru …”

Ingin memeiliki box unik ini? Bisa saja! Berbelanjalah di online store milik Uniqlo Jepang hingga 24 April sementara stoknya masih ada. Dan buatmu para fans Shinji dan kawan-kawan, bisa nih kepoin trailer filmnya sambil menunggu filmnya tayang 27 Juni nanti!