Share on

Kebanyakan orang Jepang memiliki ukuran tubuh yang ideal dan langsing. Jarang sekali melihat orang Jepang khususnya anak muda yang berbadan gemuk atau berlebih kecuali atlet sumo. Kira-kira bagaimana caranya agar tetap memiliki badan langsing dan sehat layaknya orang Jepang? Berikut adalah kiat-kiatnya:

Advertise With Us

Porsi makan yang seimbang

Ukuran porsi di Indonesia jauh lebih besar daripada di Jepang. Restoran di sana lebih mementingkan kualitas makanan dibandingkan kuantitasnya sehingga porsi makanan di Jepang umumnya lebih kecil.

Kurangi mengemil

Ngemil jarang dilakukan ketika orang Jepang telah beranjak dewasa. Mereka cenderung mengganti cemilan dengan makan-makanan yang lebih sehat, seperti rumput laut atau ikan kering, onigiri atau kerupuk beras.

Cara Agar Memiliki Tubuh yang Tetap Langsing Ala Orang Jepang
(image: Bored Panda)
Dessert Jepang memiliki kadar gula rendah

Makanan pencuci mulut dan manisan Jepang, seperti cokelat dan kue, tidak terlalu manis dibandingkan dengan makanan di negara lain. Orang Jepang kurang menyukai kandungan gula yang tinggi dan menikmati semua rasa asli yang dihasilkan dari makanan tersebut. Jepang juga memiliki makanan pencuci mulut unik dan sehat seperti tahu serta kacang merah.

Hara Hachi Bu

Berhenti makan ketika merasa telah kenyang. Hal ini dikenal sebagai hara hachi bu, artinya Anda hanya boleh makan hingga sekitar 80%. Banyak ahli gizi Jepang yang mengaitkan umur panjang mereka dengan aturan ini.

Cara Agar Memiliki Tubuh yang Tetap Langsing Ala Orang Jepang
(image: Dreams Time)
Tak sengaja berolahraga

Orang Jepang tidak punya waktu untuk olahraga yang direncanakan dan terstruktur di gym, jadi mereka memasukkannya ke dalam kebiasaan hidup setiap hari. Biasanya hal ini terjadi secara kebetulan seperti pergi ke kantor atau sekolah dengan berjalan kaki, atau bersepeda. Tentu saja kebiasaan ini membantu orang Jepang tetap langsing dan sehat.

(featured image: Pinterest)