Share on

Jika kamu mendengar kata “sakura” pasti yang terbayang di kepalamu adalah bunga-bunga kecil dan cantik berwarna pink yang hanya tumbuh saat musim semi di Jepang. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya bunga sakura itu ada bermacam-macam jenisnya? Nah, berikut ini adalah 5 jenis bunga sakura di Jepang. Apa saja?

Somei Yoshino

Bunga Sakura Jepang

Pertama, ada somei yoshino (Yoshino cherry), bunga sakura paling umum di Jepang. Sebelum daun-daun hijaunya tumbuh, bunga sakura berkelopak 5 ini memiliki warna putih yang pinkish.  Untuk namanya sendiri, berasal dari sebuah pasar pedesaan yang ada di zaman Edo dulu ketika bunga ini pertama kali dijuall.

Yama Zakura

Bunga Sakura jepang

Berikutnya, ada yama zakura alias sakura gunung. Jika dilihat sekilas, bentuk bunganya tidak berbeda jauh dengan somei yoshino, memiliki 5 kelopak dan warna pinkish yang manis. Bedanya, daun yama zakura tumbuh bersamaan dengan bunganya.

Yama zakura merupakan salah satu spesies sakura tertua di Jepang. Sakura ini juga dipercaya sebagai sakura yang biasa disebut dalam puisi klasik Jepang, seperti Manyoshu.

Yae Zakura

Bunga sakura Jepang

Sebagaimana namanya, yae zakura (double sakura) merupakan dengan 10 hingga 50 kelopak per 1 bunganya. Warna bunga sakura ini beragam lho, mulai dari putih bersih hingga pink terang. Yae zakura  juga dikenal dengan nama sato zakura, varian dari sakura Oshima yang biasanya hanya tumbuh di Izu Peninsula.

Shidare Zakura

Bunga sakura Jepang

Karena batangnya yang terlihat menurun layaknya pohon willow, shidare zakura dikenal dengan sebutan  weeping cherry tree dalam bahasa Inggris. Shidare zakura terdiri dari 2 jenis, yaitu yang memiliki 5 kelopak  dan mirip dengan somei yoshino, dan yang memiliki lebih dari 5 kelopak yang mirip denagn yae zakura. Shidare zakura juga memiliki beberapa warna, mulai dari pink pucat hingga pink terang. Sakura jenis ini juga menjadi lambang Prefektur Kyoto lho.

Gyoiko

Bunga sakura Jepang

Nah, terakhir ada Gyoiko, alias ‘yellow imperial garment cherry blossoms’. Bunga ini bisa kamu temukan di manapun. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari kalau bunga cantik ini merupakan salah satu jenis sakura karena warna yang kuning kehijauan. Gyoiko biasanya memiliki 5 hingga 10 lapis kelopak di setiap bunganya. Bunga sakura ini juga dikenal sebagai bunga yang sangat melambangkan orang Jepang karena penampilannya yang sederhana dan sering “menyembunyikan diri” lho.

Nah, mana bunga sakura favoritmu?