SHARE THIS ARTICLE

Senang menyantap mochi? Kue khas Jepang ini teksturnya yang mulur lembut. Ada beragam jenis mochi di Jepang. Ada yang diisi pasta kacang merah, ada yang diisi strawberry dan ada juga yang disantap dingin. Mulur, lembut dan manis. Cocok buat teman minum teh.

Secara umum, aneka jenis mochi ini sama-sama dibuat dari beras ketan yang direndam semalaman, kemudian dimasak dan ditumbuk dengan lesung atau usu. Kemudian mochi ini dibuat dengan ragam bentuk dan isian. Apa saja jenis mochi yang populer?

1. Sakuramochi

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Sakuramochi memiliki warna merah muda dengan isian kacang merah yang sudah dihaluskan. Bagian luarnya dilapisi dengan daun bunga sakura, yang juga bisa ikut dimakan. Biasanya jadi sajian khas di hinamatsuri atau ‘doll’s day‘ di Jepang tiap tanggal 3 Maret. Di Jepang bagian barat, biasanya menggunakan jenis tepung shiratama-ko, sementara di bagian timur menggunakan domyoji-ko.

2. Hanabiramochi

Foto: City.Kyoto
Foto: City.Kyoto

Hanabiramochi biasanya disajikan pada jamuan teh pertama di tahun baru. Tradisi ini mulanya dilakukan oleh keluarga kaisar. Dibuat dari lingkaran tipis mochi berwarna putih yang dilipat hingga membentuk setengah lingkaran. Diisi dengan anko atau kacang merah yang sudah dihaluskan dan batang gobo. Semburat merah yang tampak dari kulit mochi juga jadi ciri khas mochi ini.

3. Botamochi

Foto: Wikimedia
Foto: Wikimedia

Kalau jenis mochi lain meletakkan kacang merah sebagai isi mochi, botamochi justru sebaliknya. Dibuat dari mochi putih yang dibuat bentuk bulat polos, kemudian diselubungi dengan adonan kacang merah di bagian luar.

4. Kuzumochi

Foto: Just Hungry
Foto: Just Hungry

Mochi ini dibuat dengan metode yang sangat sederhana. Dibuat dari tepung kuzu, air dan gula pasir. Setelah dicampur, ketiga bahan ini dimasak sambil terus diaduk hingga mengental. Selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah dan didinginkan dalam lemari es. Potongan kuzumochi biasanya disajikan dengan air gula merah ataupun bubuk kedelai.

5. Daifuku

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Daifuku jadi jenis mochi yang umum ditemui. Merupakan paduan beras ketan yang diisi dengan anko atau pasta dari kacang merah. Namun daifuku juga sering diisi dengan campuran antara anko dan buah segar dan komposisi lain seperti strawberry atau diberi nama ichigo daifuku.

Source : food.detik.com
COMMENT