Legenda Danau Tazawa Tempat Seorang Gadis Cantik yang Berubah Menjadi Naga


Danau Tozawa
(featured image: Tohoku X Tokyo)

Terletak di selatan Taman Nasional Towada-Hachimantai, Danau Tazawa (Tazawako) di Jepang adalah danau yang indah yang belum terlalu terjamah dan mempertahankan suasana alam dan pedesaan. Danau ini sering dikunjungi bersama dengan situs terdekat seperti Nyuto Onsen atau Gunung Akita-Komagatake, yang juga menawarkan pemandangan pedesaan yang khas dari Daerah Tohoku.


Danau Tazawa adalah daerah pedalaman yang terletak sekitar 50 km di sebelah timur kota Akita. Bentuknya hampir bulat, dan memiliki diameter sekitar 6 km.Kedalaman maksimumnya adalah 423 meter, sehingga membuatnya menjadi danau terdalam di Jepang. Selain itu, danau ini terletak di ketinggian 249 meter, sehingga dasar danau ini benar-benar berada 174 meter di bawah permukaan laut!

Awalnya, kejernihan danau ini sangat tinggi. Tapi air asam kuat yang mengalir dari mata air panas Tamagawa sejak 1940 untuk promosi pertanian dan pembangunan pembangkit listrik membuat air di Danau Tazawa berubah menjadi asam, sehingga kebanyakan ikan di danau punah. Sejak 1972, aksi untuk netralisasi telah dilakukan sayangnya airnya masih mengandung asam (sekitar pH 5).

(image: Japan by Japan)

Danau ini memiliki legenda. Dahulu kala seorang wanita muda yang sangat cantik bernama Tatsuko tinggal di sebuah tempat bernama Kannarizawa. Tatsuko ingin mempertahankan kecantikannya selamanya, oleh karena itu dia diam-diam berdoa kepada dewi Kannon (Kwan-im) setiap siang dan malam. Pada malam ketika keinginannya akan dipenuhi, Tatsuko diberitahu bahwa dia harus menyeberang ke gunung utara dan minum dari sumber mata air di sana. Dia melakukan persis seperti yang dikatakan sang dewi dan menemukan mata air ajaib. Kemudian dia minum sedikit air tetapi tiba-tiba merasakan rasa haus yang semakin kuat dan semakin kuat sehingga dia meminum air itu terlalu banyak. Tatsuko terus minum dengan seluruh energinya dan sebelum dia menyadari, dia telah berubah menjadi naga besar. Gunung itu runtuh dengan gemuruh besar dan danau yang dalam terbentuk dinamakan danau Tazawa, dan Tatsuko dikatakan tinggal di sana sebagai seekor naga.


Legenda lainnya menceritakan tentang pemburu Hachirotaro yang juga berubah menjadi seekor naga dan kalah dalam pertempuran melawan seorang pria bernama Nansonobo di danau Towada, yang kemudian menjadi pencipta laguna Hachirogata di semenanjung Oga. Hachirotaro ini mendengar tentang kecantikan Tatsuko dan pergi ke danau Tazawa untuk menemuinya. Keduanya menjadi kekasih, tetapi kemudian Nansonobo, yang juga mendengar tentang kecantikan wanita itu, datang ke danau itu juga dan memulai pertempuran baru dengan Hachirotaro, kali ini untuk Tatsuko. Pemenangnya adalah Hachirotaro dan setiap musim dingin dia melakukan perjalanan dari laguna Hachirogata ke danau Tazawa untuk bersama dengan wanitanya. Menurut kepercayaan setempat, alasan mengapa danau tidak membeku di musim dingin adalah berkat cinta mereka.

Tazawa adalah tempat magis yang berkaitan dengan kecantikan dan romansa. Air danau ini memiliki energi yang kuat yang memurnikan jiwa dan hati seseorang. Sehingga secara alami danau ini diberkati dengan romansa yang bahagia.

(featured image: Tohoku X Tokyo)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
14
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
3
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
2
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes