SHARE THIS ARTICLE

1550129osakaa780x390

Salah satu kendala wisatawan Indonesia yang akan berwisata ke Jepang adalah urusan visa. Padahal wisatawan Indonesia ke Jepang termasuk banyak.

Menurut data statistik dari Japan National Tourism Organization (JNTO), 136.800 orang Indonesia mengunjungi Jepang di tahun 2013. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 34,8 persen dibanding tahun 2012.

Tahun ini, untuk Wita Tour, Jepang menjadi destinasi nomor satu yang diincar orang Indonesia,” kata CEO Wita Tour Rudiana kepada Kompas Travel saat ditemui di sela-sela acara peresmian Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta Office, di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Rudiana memaparkan, di kalangan biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA Jakarta juga banyak yang menuturkan adanya peningkatan permintaan wisatawan Indonesia ke Jepang. Oleh karena itu, Rudiana mengaku jika visa ke Jepang untuk WNI semakin dipermudah, misalnya dengan kebijakan bebas visa atau visa on arrival, maka ia yakin angka kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang makin tinggi.

Malaysia dapat bebas visa ke Jepang tahun lalu. Kita tidak,” kata Rudiana.

1810469saljuu780x390
Wisatawan berjalan-jalan di atas salju di Kebun Binatang Asahiyama, Kamis (6/2/2014). Banyak wisatawan asing datang ke Jepang untuk menikmati indahnya musim dingin.

Sementara itu, President JNTO Ryoichi Matsuyama mengakui pihaknya sendiri tengah menunggu kebijakan visa untuk WNI. Ia menuturkan bahwa pemerintah Jepang dan pemerintah Indonesia masih terus mendiskusikan perihal kebijakan visa, namun belum ada kejelasan mengenai wacana visa yang semakin dipermudah untuk WNI.

Indonesia sendiri mendapatkan multiple entry visa. Kami sendiri, orang Jepang yang ke Indonesia belum bebas visa, tetapi visa on arrival. Inginnya, kebijakan visa yang lebih mudah ini diberikan dua arah,” tutur Matsuyama.

Namun, ia menambahkan kebijakan Visa untuk WNI, baik visa on arrival atau malah bebas visa, akan terus diusahakan. Apalagi pihaknya akan gencar menarik minat orang Indonesia untuk wisata di Jepang.

Penduduk Indonesia begitu banyak, lebih dari 240 juta orang. Kami percaya Indonesia suatu saat akan menjadi pasar terbesar untuk pariwisata Jepang dari kawasan Asia Tenggara,” kata Matsuyama.

Berdasarkan data dari JNTO, pasar terbesar untuk pariwisata Jepang dari wisatawan asal Asia Tenggara adalah Thailand. Thailand, Malaysia, dan Singapura, merupakan tiga pasar terbesar wisatawan asing dari Asia Tenggara yang datang ke Jepang. Warga dari ketiga negara ini bebas visa untuk berkunjung ke Jepang.

Source : travel.kompas.com
COMMENT