Share on

Kepulauan Oki di Laut Jepang yang hanya dapat dicapai melalui kapal feri atau pesawat, membanggakan beberapa pemandangan paling langka dan indah di dunia, serta perairan yang berkilauan sejauh mata memandang. Pisahkan diri kalian dari tekanan sehari-hari dan nikmati hidup yang lebih santai dengan retreat outdoor kepulauan Oki dan pulau-pulau lainnya.

Advertise With Us

 

Hanya Alam! 3 Hari di Kepulauan Oki

Kepulauan Oki Jepang, yang terletak di lepas pantai Prefektur Shimane, adalah salah satu destinasi alam paling ideal di dunia. Garis pantai yang kokoh, perairan biru jernih, matahari terbenam yang indah, dan desa-desa yang menawan membentuk pulau-pulau, salah satu keistimewaan daerah di Oki.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Kepulauan Oki (https://matcha-jp.com/en/9475)

Kalian tidak akan menemukan toko serba ada disini. Hanya ada cukup fasilitas untuk menjaga kehidupan dapat berlanjut di pulau, sebuah perbedaan yang nyata dibandingkan dengan arus tanpa henti dari Tokyo dan kota-kota besar lainnya. Filosofi dan pesona pulau yang lebih sederhana ini, dikombinasikan dengan pemandangan yang menakjubkan, lebih dari sekadar mengimbangi jaraknya dari kenyamanan mewah masyarakat modern.

Dengan tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain membiarkan "Ibu Alam" menjauhkan kita dari tekanan kehidupan sehari-hari, kami sarankan menghabiskan tiga hari, atau lebih jika kalian bisa, di pulau-pulau yang menyenangkan ini. Di bawah ini adalah rencana perjalanan yang disarankan untuk retreat outdoor kepualauan Oko selama tiga hari bersama alam dan akses informasi terkait.

 

Tentang Kepulauan Oki

Diperkirakan telah diciptakan sekitar enam juta tahun yang lalu melalui aktivitas gunung berapi, Dogo, Dozen, dan sekitar 180 pulau kecil tak berpenghuni membentuk kepulauan Oki. Pulau Dogo adalah yang terbesar dalam ukuran geografis dan populasi, diikuti oleh Dozen, sekelompok tiga pulau utama (Nakanoshima, Chiburijima, dan Nishinoshima). Pulau-pulau tersebut adalah bagian dari Prefektur Shimane dan terletak di Laut Jepang.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Kepulauan Oki (https://matcha-jp.com/en/9475)

Kepulauan Oki, UNESCO Global Geopark meliputi Dozen, Dogo, dan sebagian besar Kepulauan Oki. Karena topografi pulau yang unik, lengkap dengan kaldera (kawah yang terbentuk ketika pembukaan gunung berapi runtuh setelah letusan) dan situs geografis alami yang tersisa, sangat berharga dan indah, sehingga pengunjung setiap tahun datang ke sini dari seluruh penjuru dunia.

Kepulauan Oki juga terwakili dalam puisi sejarah Jepang. Selama tahun 1200-an, Kaisar Gotoba dibuang ke Oki. Disinilah beliau menulis puisi yang menggambarkan apa yang dia rasakan dan lihat di pulau itu. Koneksi ke bentuk seni tradisional ini terus berlanjut, karena kontes nasional untuk tanka (puisi pendek 5 baris) diadakan di Nakanoshima.

 

Akses Menuju Kepulauan Oki

Pengunjung dapat mencapai Kepulauan Oki melalui kapal feri atau pesawat terbang. Feri yang berangkat dari Pelabuhan Shichirui di Prefektur Shimane atau Pelabuhan Sakaiminato di Prefektur Tottori bisa dijadikan pilihan, dan perjalanannya memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam, tergantung pada tujuan kalian di Oki.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Akses laut menuju Kepulauan Oki (https://matcha-jp.com/en/9475)

Bandara Oki berada di Pulau Dogo dan terhubung melalui satu penerbangan langsung setiap hari dari Bandara Itami di Osaka (55 menit satu arah) dan Bandara Izumo di Shimane. Menghubungkan penerbangan dari Haneda, Fukuoka, dengan perubahan di Izumo, juga terbang sekali sehari.

Untuk pergi dari Pulau Dogo ke Pulau Dozen, naiklah feri dari Pelabuhan Saigo. Dibutuhkan sekitar satu jam, tergantung pada tujuan kalian di Dozen. Untuk mencapai pulau-pulau Dozen, naiklah feri antar pulau. Pulau-pulau itu berdekatan, sehingga perjalanannya cepat dan biayanya hanya 300 yen. Panduan Bahasa Inggris tertulis di masing-masing terminal feri dan staf berbahasa Inggris bekerja di pusat asosiasi wisata terdekat.

 

Hari 1: Trek Majestic Coastlines dan Melihat Matahari Terbenam di Kepulauan

Hari pertama termasuk perjalanan ke Pulau Dozen dari pulau utama, dimulai dengan Pulau Chiburijima, atau Desa Chibu (Chibu-mura), yang terkecil dalam ukuran dan populasi Kepulauan Oki yang berpenghuni. Di pulau itu, nikmati rona merah tebing yang dikenal sebagai Sekiheki dan pemandangan indah dari Gunung Akahage. Di sore hari, lompatlah ke Nakanoshima, atau Ama Town (Ama-cho) untuk check-in ke hotel dan menghabiskan sisa malam itu.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Pemandangan laut dari kapal feri (https://matcha-jp.com/en/9475)

9:30 - Naik Feri ke Chiburijima

Untuk sampai ke Chiburijima, ambil feri Kuniga keberangkatan 9:30 dari Pelabuhan Shichirui di Matsue. Biaya tiket bervariasi berdasarkan jenis kursi. Sebagian besar penumpang akan merasa nyaman dengan kelas dua (tiket standar), tetapi ada tiket yang lebih mahal dengan tempat duduk yang berbeda atau kamar pribadi. Perjalanan ini sekitar dua jam untuk mencapai Pelabuhan Kurii, terminal feri di Desa Chibu.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Perjalanan 2 jam dengan Kapal Feri Kuniga (https://matcha-jp.com/en/9475)

Untuk menghabiskan waktu, bawalah sebuah buku untuk dibaca, atau biarkan dirimu dibuai oleh gelombang lembut. Naik taksi keliling untuk mencari cara bebas stres menjelajahi pulau (mereka yang memiliki SIM internasional juga dapat menyewa mobil). Setelah tiba sekitar pukul 11:30, pergilah ke Pusat Asosiasi Pariwisata Chiburijima, yang terletak di sebelah gedung feri, dan tanyakan yang kalian butuhkan disana. Bantuan bahasa Inggris tersedia disana.

11:45 Nikmati Hidangan Lokal di Chiburijima

Setelah mengatur navigasi kalian, nikmati makan siang di Dining Cafe DONA, sebuah restoran Jepang yang menawan di dekat pelabuhan dan menawarkan paket makanan laut, sup miso, serta makanan penghibur pulau lezat lainnya. Pilihan lain adalah spesialisasi Oki dari sazae (cangkang turban), yang dibuat menjadi mangkuk nasi tempura di Kanjima Restaurant, sebelah Chibu no Sato Hotel.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Chiburijima (https://matcha-jp.com/en/9475)

12:30 - Melihat Sekiheki dan Gunung Akahage

Setelah hidangan pulau yang lezat, mulailah petualangan alam kalian di Gunung Akahage dan Sekiheki, dua area yang akan membuat kalian takjub dengan kecantikan mereka.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Gunung Akahage (https://matcha-jp.com/en/9475)

Di perjalanan, awasi sapi dan kuda di pulau itu, yang mungkin bahkan berkeliaran di jalan. Harap kagumi mereka dari jauh dan jangan dekati mereka.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Sapi di area pulau (https://matcha-jp.com/en/9475)

Gunung Akahage, titik tertinggi di Chiburijima (325 meter atau 1.066 kaki), berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Pelabuhan Kurii. Naiki dek observasi untuk melihat pemandangan Laut Jepang yang fantastis, Kaldera Dozen menciptakan laut pedalaman, serta tanaman hijau dan laut di sekitarnya.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Gunung Akahage (https://matcha-jp.com/en/9475)

Sekiheki di dekatnya menawarkan pemandangan warna merah bersahaja yang diciptakan oleh lava di permukaan tebing yang terjal. Warna-warna kontras indah terhadap laut biru dan rumput hijau. Rasakan angin laut dan sinar matahari merangsang indera kalian saat menjelajahi tebing yang indah. Tinggalah selama kalian suka di surga alami ini.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Sekiheki (https://matcha-jp.com/en/9475)

Setelah mengunjungi Gunung Akahage dan Sekiheki, saatnya untuk melihat pulau Dozen kedua, Nakanoshima (sering disebut "Ama-cho" atau "Ama") dan check-in ke hotel. Kembali ke Pelabuhan Kurii dan ucapkan selamat tinggal pada taksi wisata. Naiklah Ferry Antar Pulau Isokaze pukul 15:00 keberangkatan ke Pelabuhan Hishiura di Amacho (300 yen, sekitar 37 menit).

15:45 - Check-in Di Marine Port Hotel Ama

Setelah tiba di Ama-cho, check-in di Marine Port Hotel Ama, penginapan tepi laut yang elegan di dekat terminal feri. Marine Port Hotel Ama ingin para tamunya merasakan esensi sejati Ama selama mereka tinggal, menawarkan makanan dengan bahan-bahan lokal, dan informasi serta peluang untuk mencoba kegiatan di luar ruangan. Kamar-kamar bergaya Jepang dan gaya Barat yang nyaman di sini memiliki pemandangan pantai yang sangat indah saat matahari terbenam. Dukungan bahasa Inggris juga tersedia.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Marine Port Hotel Ama (https://matcha-jp.com/en/9475)

Setelah check-in, kalian dapat beristirahat di kamar, tetapi juga menyenangkan untuk menjelajahi daerah sekitarnya. Berjalan-jalanlah di Rainbow Beach terdekat, pantai kecil yang terbuka untuk berenang di musim panas, atau sewa sepeda dari Asosiasi Pariwisata Kota Ama. Memancing adalah pilihan lainnya, tangkapan kalian dapat disiapkan sebagai bagian dari makan malam di hotel.

 

Nikmati Seaside Sunset dan Kaiseki Dinner

Pastikan kalian berada di kamar saat matahari terbenam (tanyakan pada staf hotel waktu itu) untuk melihat pelangi warna matahari terbenam yang hangat saat matahari ditelan ke dalam laut.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Pelangi warna matahari terbenam (https://matcha-jp.com/en/9475)

Setelah menikmati sinar matahari yang memudar, saatnya untuk kaiseki, hidangan makan malam tradisional Jepang, di hotel. Bukan makanan biasa, bahan-bahannya musiman dan dibuat lokal. Ikan yang ditangkap di pulau, daging sapi Oki, dan sayuran dari pulau digunakan untuk pengalaman pulau yang indah dan otentik.

Retreat Outdoor 3 Hari Di Kepulauan Oki Jepang
Hidangan makan malam tradisional Jepang (https://matcha-jp.com/en/9475)

Jika kalian merayakan atau ingin bersantai lebih jauh, menu ini berisi berbagai minuman Oki, dari sake berkualitas tinggi hingga shochu.