Share on

Bosan dengan tempat hiburan di Tokyo yang selalu ramai? Bagaimana kalau menenangkan diri di museum? Nah, buat kamu yang sedang mencari museum untuk menenangkan diri, Nezu Art Museum Tokyo Jawabannya!

Nezu Art Museum adalah sebuah museum yang terletak di dekat Stasiun Omotesando di Minato Ward, Tokyo, area Kanto. Di sini, kamu bisa melihat berbagai artwork antik bergaya eastern koleksi Kaichirou Nezu (1860-1940), seorang railroad baron dan filantropis. Museum ini juga merupakan salah satu museum seni yang telah berdiri sebelum Perang Dunia II.

Nah, ternyata Nezu Art Museum bukan museum biasa lho! Penasaran? Mari kita lihat apa saja yang ada di museum menenangkan ini!

Bangunan bambunya yang bikin nostalgia

Nezu Art Museum, Hidden Gem Tokyo yang Menenangkan
Bambu di tembok Nezu Art Museum, Tokyo (livejapan.com)

Ketika sampai, kamu akan disambut dengan pemandangan bangunan bambu mewah yang membuatmu nostalgia. Atap besarnya juga mengingatkanmu akan rumah ala Jepang yang dipadukan dengan sentuhan modern yang keren.

Ruang pameran dalam museum ini dibuka kembali pada 2009 setelah direnovasi. Sebelumnya, ruamg pameran pertama sempat terbakar akibat serangan udara ketika Perang Dunia II. Untungnya, semua karya seni di museum ini selamat dan dipajang sementara di sebuah barak. Rekonstruksi bangunannya sendiri dumulai pada tahun 1954 dengan ruang pameran baru yang dibangun pada tahun 1991.

Renovasi untuk versi baru dari gedung ini dimulai pada tahun 2006 dengan ruang pameran yang selesai pada tahun 2009. Arsitek yang berjasa membangun ulang gedung ini adalah Kengo Kuma. Ia membangun gedung ini dengan inspirasi dari kolaborasi antara atmosfir modern dan Jepang zaman dulu.

Koleksi karya seninya banyak!

Nezu Art Museum, Hidden Gem Tokyo yang Menenangkan
Bagian dalam Nezu Art Museum yang dipenuhi patung Buddha (livejapan.com)

Setelah membayar tiket masuk, waktunya menjelajahi isi museum. Ketika masuk, kamu akan disambut dengan cahaya terang yang berasal dari jendela kaca besar, membuat ruangannya terlihat luas saking terangnya. Tak hanya itu, 10 patung Buddha juga berjajar rapi di sekitar tembok dan kacanya, menyambutmu dengan hangat.

Memasuki ruang pamerannya, kamu akan melihat berbagai karya seni indah yang dibuat antara abad 6 hingga 8. Nah, salah satu karya terpopuler di sini adalah patung Miroku-bosatsu-ritsuzou  yang dibuat di area Gandhara, sebuah area yang terletak di antara Afganistan dan Pakistan. Patung ini sangat terinspirasi dari budaya Yunani dan Roma, terlihat dari wajah patungnya yang khas.

Nezu Art Museum, Hidden Gem Tokyo yang Menenangkan
Wajah patung yang terinspirasi dari budaya Roma dan Yunani (livejapan.com)

Ruangan ini memiliki atmosfer hangat, dengan wajah tersenyum patung Miroku-bosatsu yang menenangkan.

Di ruang pameran utama, biasanya digelar pameran spesial setiap 2 hingga 3 kali setiap tahunnya. Pameran bertema juga digelar di lantai 2 ruamg pameran. Asyiknya lagi, tiket pameran ini bisa digunakan untuk semua pameran!

Nezu Art Museum, Hidden Gem Tokyo yang Menenangkan
Chinaware yang dipamerkan saat pameran spesial (livejapan.com)

Di pameran spesial, kamu bisa melihat berbagai karya seni dari museum lain. Sementara itu, di pameran bertema, kamu dapat menikmati karya-karya terbaik dari berbagai item seni yang sesuai dengan tema pada saat itu. Barang yang dipajang di sini beragam, mulai dari tea set, Buddhist art, lukisan, Chinaware, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihat jadwal pamerannya di situs resminya ya!

Nah, ada yang unik lho dari museum ini. Jika biasanya museum berisi koleksi pribadi dan hanya menampilkan satu tema saja, museum ini berbeda. Di sini, kamu akan menemukan berbagai koleksi dari Kaichirou Nezu yang disebut “Nezu-no-waniguchi” yang berarti “mukut lebar Nezu,” yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai koleksi museumnya yang beragam.