Share on

Jepang memiliki bermacam-macam legenda, diantaranya adalah monster dan hewan mistis. Namun, hanya sedikit yang pernah mendengar tentang Namahage. Jika ingin mengetahui tentang Namahage, salah satunya adalah dengan mengunjungi Namahage Museum yang memiliki banyak informasi mengenai Namahage.

Advertise With Us

Mengenal Legenda Oni dari Akita di Namahage Museum
© Namahage Museum

Namahage adalah oni atau iblis raksasa yang umumnya banyak ditemukan dalam mitos dan cerita rakyat Jepang, dan biasanya terkait dengan Kota Oga, Prefektur Akita. Museum itu sendiri sebenarnya memiliki sejumlah area berbeda yang didedikasikan tidak hanya untuk Namahage, tetapi juga untuk sejarah dan cerita rakyat tempat kelahirannya.

Mengenal Legenda Oni dari Akita di Namahage Museum
© Namahage Museum

Dalam museum ini terdapat Shinpi Hall (Oga Room) yang akan membawa kita pada alam dan budaya Oga, tempat kelahiran dari legenda Namahage. Disini juga terdapat Densho Hall dimana kita bisa melihat sebuah video film dokumenter pendek legenda Namahage dan juga event saat Namahage melakukan kunjungan ke rumah warga. Yang menjadi daya tarik utama mungkin adalah area Namahage Seizoroi yang menampilkan topeng dan kostum Namahage asli dari 60 area di Oga, dan bahkan terdapat area dimana kita bisa mencoba kostum Namahage.

Ada berbagai versi legenda Namahage yang berbeda tergantung dengan daerahnya. Ada yang mengatakan bahwa lebih dari 2,000 tahun lalu Kaisar Wu dari Han membawa 5 monster raksasa ke Jepang, dan monster yang disebut oni ini mencuri makanan dan gadis muda dari desa di Oga.

Mengenal Legenda Oni dari Akita di Namahage Museum
© Namahage Museum

Para penduduk desa kemudian memutuskan untuk mengelabui oni tersebut dengan janji akan memberikan semua gadis muda, jika para oni tersebut dapat membuat 1,000 tangga batu menuju kuil dalam waktu satu malam. Dan jika tangga tersebut tidak berhasil mencapai kuil, maka oni tersebut harus meninggalkan Oga dan tidak kembali lagi. Oni yang menerima tantangan ini kemudian membangun tangga, dan ketika telah mencapai 999 tangga salah seorang penduduk kemudian menirukan suara ayam berkokok yang menandakan fajar, para oni pun kaget dan kemudian pergi tanpa pernah kembali lagi.

Namahage Museum Alamat: Mizukuisawa, Kitaura-Shinzan, Oga, Akita Jam buka: 08.30 - 17.00 Harga: Dewasa 550 yen, SMA kebawah 275 yen Website

  Featured image: Tohoku Kanko Source: Namahagekan