Share on

Bagi pecinta karya seni, berjalan-jalan ke museum bisa jadi pengalaman paling menyenangkan. Nah, jika kamu berpikir untuk mengunjungi museum seni di Jepang, ada 4 museum seni baru di Jepang lho. Penasaran museumnya seperti apa? Simak penjelasannya ya!

Artizon Museum: Museum Berteknologi Tinggi! (Tokyo)

4 Museum Seni Baru di Jepang yang Siap Dibuka Tahun Ini
Artizon Museum (wow-j.com)

Setelah sempat ditutup, Bridgestone Museum of Art hadir kembali pada Januari 2020 dengan nama baru, Artizon Museum, menggabungkan kata "Art" dan "Horizon, mengekspresikan harapan museum membuka horizon baru pada orang-orang melalui karya seni. Bangunan baru ini terdiri dari 6 lantai, 2 kali lebih besar dari museum awalnya. Galeri baru ini juga jauh lebih besar dari galeri pada museum awal, hingga dapat memasukkan karya seni berukuran besar dan three-dimensional works ke dalamnya.

Hal menarik dari Artizon Museum adalah desainnya yang mengadaptas teknologi IT cutting-edge, seperti Digital Collection Wall, di mana kamu dapat mencari berbagai gambar dan data dalam koleksinya, serta mengunduh audio guides untuk mempermudah petualanganmu. Keren!

Suntory Museum of Art: Recommended karena Konsepnya yang Unik (Tokyo)

4 Museum Seni Baru di Jepang yang Siap Dibuka Tahun Ini
Suntory Museum of Art (wow-j.com)

Berikutnya, ada Suntory Museum of Art. Museum yang pertama kali dibuka pada tahun 1961 ini telah rutin menyelenggarakan pameran dan terkenal akan koleksinya yang berfokus pada tema Art in Life . Museum ini memiliki sekitar 3000 item, termasuk berbagai property budaya penting dan national treasure yang berhubungan dengan barang sehari-hari seperti kimono, alat makan, dan alat tulis. Melalui koleksi museum ini, kamu dapat melihat rasa estetika Jepang melalui kehidupan sehari-hari mereka.

Museum ini sempat ditutup untuk renovasi pada November 2019 dan rencananya akan dibuka kembali pada 13 Mei 2020 nanti. Pameran pertama merka akan berjudul "Reopening Celebration I: ART in LIFE, LIFE and BEAUTY", dan akan mengembalikan konsep mereka dengan menunjukkan nilai seni dari berbagai alat-alat sehari-hari. Jangan sampai ketinggalan ya!

SOMPO Museum of Art: Tempat Sempurna untuk Mengangumi Karya Van Gogh (Tokyo)

4 Museum Seni Baru di Jepang yang Siap Dibuka Tahun Ini
SOMPO Museum of Art (wow-j.com)

Seiji Togo Memorial Sompo Japan Nipponkoa Museum of Art yang pertama kali dibuka pada tahun 1976 sebagai high-rise museum pertama di Jepang akan direlokasi dan dibuka kembali pada Mei 2020 mendatang dengan nama baru, SOMPO Museum of Art. Bangunan 6 lantai ini akan memiliki galeri yang terletak di lantai 3 hingga 5. Untuk ruangan pameran, akan didekorasi dengan warna putih dan membuat para pengunjung dapat melihat setiap karya seni secara jelas. Museum ini juga punya koleksi dari seniman terkenal lho, salah satunya adalah Van Gogh, seniman ternama asal Belanda. Di lantai 3, kamu bisa melihat salah satu karyanya, Sunflowers. Jangan lupa kunjungi museum ini ya!

Kyoto City KYOCERA Museum of Art: Reopening Salah Satu Museum Seni Tertua Jepang (Kyoto)

4 Museum Seni Baru di Jepang yang Siap Dibuka Tahun Ini
Kyoto City KYOCERA Museum of Art (wow-j.com)

Museum bernama asli Kyoto Municipal Museum of Art ini rencananya akan dibuka pada 11 April 2020 dengan nama Kyoto City KYOCERA Museum of Art. Bangunan utama gedung ini dulunya dikenal sebagai salah satu museum seni tertua di Jepang. Setelah berbagai rangkaian renovasi, bangunan utama yang bersejarah tetap digunakan dan area pamerannya diperluas agar bisa menampung karya seni lebih banyak. Bangunan baru bernama Higashiyama Cube yang berlokasi di sebelah bangunan utama akan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang dapat mengakomodasi berbagao pameran seperti seni kontemporer, animasi, dan lain-lain.

Kyoto City KYOCERA Museum of Art juga dapat dipakai sebagai tempat bersantai lho. Ada KYOCERA Square di depan pintu masuknya, sebuah taman ala Jepang, dan caf nyaman!

Jangan lupa berkunjung ke museum seni baru di Jepang ini ya!