Share on

Industri saluran air limbah Jepang telah menemukan cara untuk membersihkan citra kotor dan bau: dengan cara mendesain penuh penutup lubang agar terlihat bersih dan menarik. Karya seni pada penutup lubang got ini sendiri telah mencapai 12.000 macam variasi desain di seluruh negara Jepang, tentu saja salah satunya adalah desain kucing terkenal, Hello Kittyyang menjadi maskot kota Tama, Tokyo.

Karya seni merupakan salah satu budaya kawaii Jepang yang digunakan untuk penutup saluran pembuangan di lebih 1.700 kota yang berada di Jepang. Karena desainnya yang unik dan bervariatif, sebuah grup otaku pun terbentuk dengan julukan Manholers atau para pecinta manhole. 

Desain yang digunakan menampilkan sejarah, daya tarik, legenda yang berasal dari tempat tersebut, seperti kota tua, gunung Fuji, tokoh kartun atau legenda Jepang. Telah disebutkan sebelumnya, kota Tama yang terletak di Tokyo menggunakan ikon Hello Kitty karena sebuah tempat rekreasi bernama Sanrio Puroland terletak disana.

Karya Seni Pada Penutup Lubang Got Menjadi Daya Tarik Tersendiri di Jepang
(image : Japan Today)

Karena kepopulerannya banyak para otaku tutup got ini yang menjelajah kota untuk mengoleksi foto-fotonya dan juga mempelajari sejarah sebuah tempat dengan cara yang unik. Saking cintanya, bahkan beberapa diantara mereka terobsesi untuk membeli dan mengoleksinya di rumah.

Kota Maebashi mengadakan undian yang sangat kompetitif pada bulan Oktober, dimana mereka melakukan lelang untuk menjual 10 penutup lubang got bekas (40 kilogram besi) dengan masing-masing pada 3.000 yen dan dibanjiri lebih dari 190 tawaran.

Secara keseluruhan, ada sekitar 15 juta penutup lubang got di Jepang, dan hanya sebagian kecil yang memiliki penutup yang didesain penuh warna, serta dicat manual secara hati-hati.

Apakah kalian tertarik untuk mengoleksinya juga? (featured image : Japan Today)