Share on

Apa yang kamu ketahui tentang Kyoto? Menurut sejarah, Kyoto berfungsi sebagai pusat pemerintahan Jepang setelah ditetapkan sebagai ibu kota, yang disebut Heian Kyo. Setelah kemunculan kelompok prajurit yang disebut Bushi, para bangsawan istana yang memerintah bagian utama kekuasaan politik, bertempur dan menumpuk mayat di Kyoto. Karena Bushi mengambil alih kekuasaan politik yang sebenarnya dari para bangsawan istana, api perang memenuhi Kyoto, menghasilkan kebencian di seluruh kota. Tanah Kyoto kini telah menyerap darah manusia selama lebih dari ribuan tahun sejak berbagai insiden berdarah terjadi. Seperti Pemberontakan Hogen oleh Kaisar Sutoku, yang kemudian menjadi hantu pendendam, Perang Onin, dimana semuanya membakar Kyoto hingga menjadi abu dengan api perangnya, dan yang paling parah insiden Kuil Honnoji yang terkenal, serta insiden Ikedaya dan insiden Kinmon pada akhir era Edo. Belum lagi semua insiden historis lainnya yang tidak terpapar. Kota dengan sejarah berdarah tidak mungkin hanya menjadi kota wisata murni. Jadi tidak aneh kalau kalian akan menemukan beberapa tempat berhantu di Kyoto yang akan JS rekomendasikan kalau kamu cukup berani untuk datang!

Advertise With Us

首塚大明神(Kubizuka Daimyo-jin

Alamat : Kyoto-Jukan Expressway (Kutsukake~Tanba), Oe Kutsukake Cho, Kyoto

Melalui Jalan Raya Nasional 9 dari kota Kyoto ke Kameoka, kalian akan melihat terowongan Oinosaka. Jalan-japan tepat sebelum pintu masuk terowongan pasti mengarah ke kiri, tetapi tidak ada tanda atau arah ke kuil yang terlihat tinggi. Tidak diragukan lagi sepertinya kuil ini menolak untuk disembah. Setelah melalui jalan yang kasar, ada tempat berhantu paling mengerikan di Kyoto, Kubizuka Daimyo-jin di ujung jalan. Disana kalian akan menemukan kuil yang sepi dan redup yang dikelilingi oleh pepohonan.

8 Tempat Berhantu di Kyoto yang Mungkin Kalian Berani Datangi!
Kubizuka Daimyo-jin (https://en.myd.ninja/kyoto/kyoto-ghost-9/)

Di samping kuil ini berdiri sebuah pohon suci, yang terbelah dua karena disambar petir. Mengapa ada pohon tertentu yang tersambar petir? Karena entitas yang disembah di sini adalah kepala oni terkuat dalam mitologi Jepang, yang disebut Shuten-Doji. Dahulu seorang onmyoji, Minamoto no Yorimitsu memberi Shuten alkohol beracun dan memenggal kepalanya. Ini adalah kemenangan yang sangat cerdas, atau mungkin sedikit culas.

Legenda dimulai dari sana, ketika kepala ini dimakamkan di tempat kejadian, hanya karena kepala itu terlalu murni untuk dibawa kembali ke Kyoto. Menurut kisah Shuten yang tercermin pada tindakannya sebelum dipenggal, kuil ini dikatakan memiliki kekuatan berkaitan dengan penderitaan bagian tubuh di atas leher. Tampaknya jika kalian mengunjungi tempat ini dan membungkuk di bawah gerbang dengan setengah hati, kalian akan mendapat kutukan.

老ノ坂バス停(Oinosaka Bus Stop

Alamat : Tanojiri Sanindo, Shinochoouji, Kameoka-shi, Kyoto

Oenosaka (yang sekarang menjadi Oinosaka) adalah salah satu dari empat daerah yang melindungi Heian Kyo pada setiap empat arah penjuru angin dari aura jahat yang datang dari luar daerah. Akibatnya, wabah penyakit atau hantu jahat yang ditahan oleh energi Ying dan Yang, terkumpul di sekitar daerah tembok pelindung. Ini bukanlah kisah masa lalu, karena sejumlah besar kecelakaan fatal di sekitar Oinosaka sering terjadi sampai saat ini, bahkan peringatan rawan kecelakaan mobil telah dikeluarkan. Apakah kalian pikir ini kebetulan? Kalaupun tidak, mungkin kita akan tahu siapa yang melakukan ini.

8 Tempat Berhantu di Kyoto yang Mungkin Kalian Berani Datangi!
Oinosaka Bus Stop (https://en.myd.ninja/kyoto/kyoto-ghost-9/)

Pada riwayat sejarah Kyoto, pemakaman pernah ditempatkan di Oinosaka. Kemudian dibangunlah halte bus di sisi jalan bagi masyarakat yang ingin pergi ke kuburan. Tapi tidak hanya manusia yang menunggu bis disana, arwah penasaran sering terlihat berdiri di depan halte. Mereka ingin menaiki bus untuk mencoba menerobos penghalang menuju Kyoto. Jadi bila kalian melihat seseorang di halte bus saat larut malam, jangan pernah berpikir untuk menepikan kendaraan kamu, karena siapa tau mereka ikut menumpang di jok belakang mobil.

清滝トンネル(Kiyotaki Tunnel

Alamat : Route 137, Fukayamachi, Sagatoriimoto, Kyoto

Ini adalah tempat berhantu di Kyoto paling terkenal dan cukup mengerikan untuk membungkam anak yang menangis. Bayangkan kegelapan yang dalam menanti kalian segera setelah berjalan jauh ke depan kuil Adashino dekat celah gunung. Sebuah lubang hitam yang terlihat di dekat sana adalah pintu masuk utama Terowongan Kiyotaki. Sinyal lalu lintas terlihat di depan terowongan, dipasang di satu sisi jalur lalu lintas. Tapi harap berhati-hati, karena mungkin saja ini tanda yang memanggil kalian. Karena disini banyak rumor mistis terjadi, seperti seorang wanita yang tiba-tiba muncul di depan mobil yang melaju, panjang terowongan yang terlihat berbeda dalam perjalanan kembali dari arah yang berlawanan, dan terdengarnya suara tangisan atau teriakan wanita dari terowongan.

8 Tempat Berhantu di Kyoto yang Mungkin Kalian Berani Datangi!
Kiyotaki Tunnel (https://www.inspirock.com/japan/kyoto/kiyotaki-river-a752673245)

Ada satu lagi tempat berhantu di dekat sana, jalan layang di atas Arashiyama Takao Parkway. Di sisi jalan ini, ada cermin yang melihat ke bawah. Dikatakan bahwa seseorang akan mati jika bayangannya tidak ditampilkan di cermin saat lewat di bawahnya. Meskipun jalan ini berlaku satu arah, mengapa cermin menunjukkan sisi lain yang dibutuhkan? Selain itu jalur gunung ini dinamai “Kokoromi Toge (Jalur gunung yang menantang)”, apa sebenarnya yang menjadikan tempat ini begitu menantang?!