Share on

Sudah empat bulan sejak Tokyo Disneyland dan Disney Sea ditutup untuk membantu mencegah penyebaran corona virus. Oriental Land Company, perusahaan pengelola Tokyo Disneyland akhirnya memutuskan untuk membuka kembali taman bermain. Pembukaan kembali itu dijadwalkan berlangsung pada 1 Juli, dan Tokyo Disneyland meluncurkan serangkaian gambar dan video yang menunjukkan penerapan protokol kesehatan yang telah mereka siapkan untuk melindungi staf dan pengunjung.

Pertama, tempat pembelian tiket di tempat tidak lagi terbuka jadi semua tiket harus dibeli secara online. Setelah pengunjung tiba, mereka akan diminta untuk berdiri di area yang disediakan yang menyediakan jarak yang cukup antara para tamu.

Tokyo Disneyland, Protokol Kesehatan
Di area taman sudah ditempeli tanda untuk menjaga jarak ketika mengantri (soranews24.com)

Setelah masuk melalui gerbang, staf akan memeriksa suhu setiap pengunjung sambil mengenakan masker, pelindung wajah dan sarung tangan. Di area taman bermain, akan ada beberapa staf yang memegang papan peringatan untuk saling berjaga jarak.

Tokyo Disneyland, Protokol Kesehatan
Staf akan selalu siaga untuk mengingatkan pengunjung agar menjaga jarak satu sama lain saat mengunjungi taman (soranews24.com)

Jarak sosial akan diterapkan di seluruh area taman, dengan batas-batas yang ditempel di bawah para pengunjung tahu di mana harus berdiri ketika mengantre untuk perjalanan dan atraksi. Saat masuk ke area wahana, para pengunjung akan duduk dengan barisan kosong di antara mereka. Begitu juga saat sedang naik wahana, pengunjung diharuskan untuk memakai masker.

Tokyo Disneyland, Protokol Kesehatan
Aturan duduk ketika sedang menunggu wahana (soranews24.com)

Untuk informasi lebih lanjut tentang sistem baru yang ada di Tokyo Disneyland, silahkan lihat video di bawah ini:

Untuk tempat makan, mereka menggunakan  layar plastik dan dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan pengunjung. Saat di restoran, alih-alih membagikan menu,staf restoran akan meminta para pengunjung untuk melihat menu pada ponsel cerdas mereka melalui kode QR. Lalu jumlah pengunjung di dalam restoran akan dibatasi untuk menerapkan social distancing. Untuk petunjuk lebih lanjut, lihat video di bawah ini.

Sedangkan untuk pengunjung yang memilih untuk makan di luar,  staf penjual makanan dan minuman akan ditutupi dengan face shield dan sarung tangan untuk melindungi diri mereka sendiri. Staf akan memastikan semua area tetap bersih, mereka akan tetap membersihkan taman saat taman dibuka. Jadi para pengunjung bisa bersenang-senang tanpa terlalu mengkhawatirkan penyebaran virus. Karena pihak Tokyo Disneyland melakukan yang terbaik untuk menerapkan protokol kesehatan.

Tokyo Disneyland, Protokol Kesehatan
Agar tetap menjaga kebersihan, area taman akan dibersihkan secara berkala (soranews24.com)

Tidak hanya itu, ketika pengunjung menonton parade karakter Disney, mereka harus menjaga jarak karena para karakter tidak akan menyapa pengunjung dengan kontak fisik lagi. Berpelukan dan interaksi dengan Mickey dan teman-temannya sekarang dilarang, jadi para pengunjung harus puas hanya dengan saling melambai dari kejauhan.

Tokyo Disneyland, Protokol Kesehatan
Saat menonton parade, pengunjung harus menjaga jarak dengan para karakter (soranews24.com)

Pengunjung diperbolehkan melepaskan masker mereka saat akan makan selama menjaga jarak.Pihak Tokyo Disneyland juga menyebutkan bahwa ada beberapa wahana yang tidak beroperasi untuk sementara waktu, jadi pastikan untuk memeriksa situs resmi untuk informasi lebih lanjut jika berencana berkunjung. Meskipun agak merepotkan karena harus memakai masker sepanjang hari tapi, prosedur ini dirancang untuk keselamatan para pengunjung sambil tetap menikmati kembali bermain di taman hiburan.