Share on

Ada kabar baik nih buat kamu yang berencana berangkat ke Jepang. Kini, kamu bisa memesan tiket Japan Rail Pass secara online. Jadi, tak perlu repot lagi deh.

Advertise With Us

Japan Rail Pass memang menjadi salah satu faktor yang membuat Jepang menjadi tujuan wisata favorit bagi turis asing. Selain karena tiket ini hanya bisa digunakan oleh turis asingtiket ini juga memberi penggunanya kebebasan untuk menggunakan kereta JR dan kereta cepat Shinkansen tanpa batas dalam periode waktu 1 hingga 3 minggu.

Japan Rail Pass Mulai Sekarang Bisa Dibeli Online!
Japan Rail Pass (matcha-jp.com)

Sayangnya, kepopulerannya ini harus terhalang dengan proses pembuatannya yang merepotkan. Sebelum kabar baik ini muncul, tiket ini hanya bisa dibeli di luar Jepang lewat perantara, seperti agensi travel dan perusahaan penerbangan yang sudah ditentukan. Sebenarnya, para turis juga bisa membeli tiket ini di beberapa stasiun kereta di Jepang, tapi harganya lebih mahal sekitar 10 persen dari harga normal.

Minggu ini Japan Rail Group, penyedia layanan JR, mengumumkan mereka akan menjual tiket ini secara online mulai musim panas nanti. Untuk itu, Japan Rail Group telah membangun Japan Rail Pass Reservation, untuk menerima order. Nantinya, para turis bisa mengambil tiket mereka sesampainya di Jepang. Hingga saat ini, pihak JR belum mengonfirmasi apakah tiket ini bisa diambil di semua stasiun JR atau tidak. Namun dengan tersedianya Japan Rail pas di stasiun yang terhubung dengan bandara Internsional Jepang, tiket ini dapat diaktifkan lebih cepat.

Japan Railway juga mengumumkan harga Japan Rail Pass. Untuk tiket non green-car 7, 14, 21 hari, akan dikenakan biaya sebesar 33.610 yen, 52.960 yen, dan 66.200 yen bagi orang dewasa. Sementara itu, untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun harus membayar 16.800 yen, 26.480 yen, dan 33.100 yen untuk anak-anak. Jika ingin menggunakan kereta Green car, kamu harus membayar 44.810 yen, 72.310 yen, and 91.670 yen untuk orang dewasa dan 22.400 yen, 36.150 yen, serta 45.830 untuk anak-anak. Tiket ini harus diaktifkan kurang dari satu bulan setelah dibeli.

JR juga mengumumkan situs resmi reservasinya akan dibuka pada 1 Juni 2020. Jadi saat Japan Olympic 2020 nanti, tiket ini sudah bisa digunakan.