Share on

Mie soba, yang merupakan masakan tradisional khas Jepang terbuat dari tepung gandum, juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Salah satunya adalah kombinasi salad mie soba dengan udang dan asparagus berikut ini yang benar-benar cocok dan pas di lidah. Salad mie soba Jepang yang lezat ditambah dengan udang dan asparagus tentunya menjadi kombinasi yang menggoda selera. Berikut ini adalah resepnya dikutip dari japanbullet.com.

Bahan-bahan

180g mie soba hakubaku organik 2 tandan asparagus, diiris secara diagonal 200g kacang kapri diiris secara diagonal 2 1/2 sendok makan bumbu obento mirin 2 sendok makan tamari 1 sendok makan jus lemon segar 3 sendok teh minyak wijen 3 sendok teh jahe segar diparut halus 500g udang hijau, kupas tapi sisakan ekornya 1 siung bawang putih, tumbuk 1 sendok makan biji wijen, panggang 1 alpukat, dipotong 3 bawang daun, iris tipis secara diagonal

Cara pembuatan

Masak mie dalam panci besar berisi air mendidih sesuai petunjuk dalam kemasan mie-nya, tambahkan asparagus dan kacang kapri selama menit-menit terakhir memasaknya. Segarkan dengan air dingin. Tiriskan. Tempatkan dalam mangkuk besar.

Campurkan mirin, tamari, jus lemon, minyak dan jahe dalam mangkuk kecil. Panaskan wajan anti lengket berukuran besar di atas panas tinggi. Siram dengan minyak. Masak udang, balik, selama 2 menit. Tambahkan bawang putih dan 1 1/2 sendok makan campuran mirin. Masak, aduk, selama 1-2 menit atau hingga udang matang. Tambahkan ke campuran mie.

Tempatkan biji wijen di atas piring. Celupkan alpukat dalam biji wijen hingga melapisinya. Tambahkan bawang daun dan sisa bumbu ke dalam campuran mie. Aduk secara lembut untuk mencampurkannya. Bagikan di antara beberapa mangkuk dan hiasi bagian atasnya dengan alpukat.