Share on

Zucchini adalah salah satu jenis sayuran dari Italia, walau banyak orang menyebutnya timun Jepang, yang bentuknya mirip dengan mentimun. Zucchini juga memiliki lebih dari sepertiga vitamin C harian dan sekitar 10 persen dari lima vitamin dan mineral tambahan untuk tubuh. Ada banyak hidangan yang dibuat menggunakan bahan zucchini, salah satunya adalah mie sayuran zucchini yang dinamakan zoodles berikut ini, yang cocok untuk disajikan saat musim panas.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, tidak ada peralatan khusus yang dibutuhkan, kalian bisa menggunakan alat pengupas sayuran agar dapat memotong mie dengan cepat hanya dalam hitungan menit dan berbentuk sempurna. Berikut adalah resepnya dikutip dari japantoday.com.

Bahan-bahan

2 wortel besar, kupas 2 labu kuning 2 zucchini 2 sendok teh minyak zaitun 1 siung bawang putih, dicincang 2 sdm jus lemon 2 sdm kacang pinus panggang 28 gram keju parmesan, diparut menjadi pecahan dengan alat pengupas sayuran Jeruk lemon atau ramuan segar untuk hiasan, opsional Garam Lada hitam yang baru digiling

Cara membuat

Gunakan pengupas sayuran untuk memotong zucchini hingga berbentuk pita panjang dan tipis (seperti mie). (Kalian mungkin akan memiliki sisa dari masing-masing sayuran yang harus digunakan untuk tujuan lain.)

Panaskan minyak zaitun dengan api sedang dalam panci tumis berukuran besar. Tambahkan bawang putih dan tumis selama satu menit, hingga harum. Tambahkan zucchini yang sudah berbentuk pita, sedikit garam, dan aduk. Tambahkan jus lemon dan tutup dengan penutup hanya dalam satu menit (atau lebih lama jika kalian menginginkan mie zucchini yang sangat lembut). Lepaskan penutupnya, dan angkat dari api.

Sajikan di empat piring, taburi di atasnya dengan kacang pinus, keju parmesan, lada hitam dan kulit lemon atau ramuan segar, jika diinginkan.

(Featured image: AP via japantoday.com)