Berita Jepang | Japanesestation.com

Kombu adalah kata dalam bahasa Jepang yang menggambarkan hampir semua jenis rumput laut yang dapat dimakan dari keluarga Laminaria, meskipun paling sering dikaitkan dengan spesies Laminaria Japonica. Jenis rumput laut ini tumbuh subur di perairan lepas pantai Asia Timur, termasuk tidak hanya Jepang, tetapi juga di semenanjung Korea dan sebagian China, dan popularitasnya telah menyebabkan budidaya komersial yang luas di negara-negara ini.

Kombu
Kombu, bahan rahasia cita rasa masakan Jepang (favy-jp.com)

Sebagian besar kombu yang dijual di toko-toko berasal dari peternakan rumput laut, dan biasanya tersedia dalam keadaan segar, beku, dikeringkan, atau diasamkan. Bahan ini digunakan untuk membumbui berbagai hidangan, terutama kaldu dashi Jepang.

Popularitas dan Cita Rasa Masakan Jepang

Budaya Asia telah memanen dan memakan kombu selama berabad-abad. Rasa asin dan gurih dari rumput laut sering digunakan sebagai ilustrasi cita rasa masakan Jepang yang disebut "umami". Umami sering digambarkan sebagai "kenikmatan sesungguhnya" yang berbeda dari empat sensasi rasa standar yaitu manis, asin, asam, dan pahit.

Huawei MatePad Pro

Salad Rumput Laut
Salad Rumput Laut (delightedcooking.com)

Rumput laut biasanya dimakan mentah, sering kali diparut menjadi salad rumput laut atau digunakan sebagai pelengkap hidangan nasi dan daging. Para juru masak sering menemukan bahwa rasa asinnya yang kaya bertambah melalui pengeringan, dan potongan rumput laut kering adalah makanan pokok di banyak dapur Asia Timur. Koki biasanya menambahkan beberapa potongan rumput laut ke dalam beras atau masakan daging untuk meningkatkan rasa dan nutrisi dengan cepat dan mudah.

Kombu Kering
Kombu kering yang digunakan sebagai bahan kaldu Jepang (favy-jp.com)

Orang-orang yang tinggal di wilayah penanaman alami sayuran laut seringkali dapat membelinya dalam keadaan segar. Ini bisa dimakan langsung dari laut, meskipun sebagian besar juru masak akan berhati-hati untuk menyiapkannya sebelum disajikan. Selain dibekukan, mengeringkan adalah cara lain untuk memperpanjang umur dan kegunaan rumput laut, meskipun versi kering memiliki rasa yang berbeda, biasanya lebih asin dan lebih pekat.

Nutrisi dalam Konbu

Kombu Kering
Kombu kering yang digunakan sebagai bahan kaldu Jepang (favy-jp.com)

Karena rasanya yang khas dan banyak manfaat kesehatannya. kombu dijuluki "Raja Rumput Laut". Kombu dapat meningkatkan fungsi tiroid karena kandungan yodiumnya yang tinggi, bahkan memiliki kandungan yodium tertinggi di antara jenis rumput laut lainnya. Mengandung asam glutamat secara alami, yang memberikan rasa "umami", kombu juga terkenal dapat membantu pencernaan dan mengurangi gas dalam tubuh. Ini juga mengandung kalsium dan zat besi, yang dapat membantu melawan anemia. Kombu juga membantu memurnikan darah, mendetoksifikasi dan menurunkan berat badan, dan yang terpenting, terkenal sebagai makanan anti kanker!

Kombu Kering
Kombu Kering (favy-jp.com)

Rumput laut dalam keluarga Laminaria memang secara luas dianggap sebagai sumber tenaga nutrisi, karena tinggi kalsium, zat besi, yodium, dan serat, serta mengandung sangat sedikit kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali.

Sumber: Delighted Cooking, Favy Japan