Berita Jepang | Japanesestation.com

Banyak cara untuk mempelajari segala hal tentang Jepang. Selain belajar secara “resmi” di tempat les bahasa atau mengambil jurusan Sastra Jepang agar mendapatkan pengetahuan tentang Jepang yang lebih rinci, bisa juga mempelajarinya sedikit demi sedikit secara otodidak lewat buku-buku tentang bahasa dan budaya Jepang atau bisa juga dengan cara yang lebih asyik: membaca cerita fiksi yang kental dengan budaya Jepang dan menonton acara-acara TV yang menampilkan bahasa dan budaya Jepang. Nah, bagi teman-teman yang ingin mempelajari bahasa Jepang lewat acara TV, ada daftar beberapa acara TV yang cocok nih dijadikan media untuk belajar bahasa dan budaya Jepang!

Nah, biar bisa mencocokkan kemampuan kita dengan program acara TV-nya, daftarnya dibagi ke dalam tiga level: beginner (pemula), intermediate, dan advanced (mahir). Berikut daftarnya!

Beginner

 What If You’d Compare The World

Dalam What If You’d Compare The World (世界くらべてみたら), komedian Naomi Watanabe dan Jpop idol Taichi Kokubun akan mempelajari tentang peraturan dan budaya dari berbagai negara dan membandingkannya dengan Jepang. Mereka juga akan membuat orang asing untuk mencoba berbagai hidangan unik Jepang sesuai dengan tema per episodenya.  

Huawei MatePad Pro

Setiap negara akan diwakili oleh seseorang dari negara tersebut sementara para host akan mengomentarinya. Benar-benar menarik dan menyenangkan untuk ditonton!

Intermediate

Sudah mulai mahir dan lebih terbiasa dengan bahasa Jepang? Kalau begitu, coba acara TV Jepang tingkat intermediate berikut! Acara ini juga cocok ditonton oleh teman-teman dari jurusan bahasa dan sastra Jepang lho sebagai media latihan!

Sekai no Hate Made ItteQ!

Sekai no Hate Made ItteQ! (Take me to the end of the earth!) adalah salah satu acara TV Jepang “tergila.” Dengan komedian Uchimura Teruyoshi sebagai host, acara ini akan menunjukkan entertainer populer Jepang berkeliling dunia dan mencari berbagai hal menarik dan unik.

Misalnya saja, Degawa Tetsurou yang mencoba untuk selfie dengan bintang-bintang  Hollywood dengan bahasa Inggris yang lucu atau and Miyagawa Daisuke yang berpartisipasi dalam fesival  custard pie di Inggris.  

Agar benar-benar bisa menikmati acara ini, memang akan lebih baik jika kita mulai mengenal budaya populer Jepang. Perlu diingat, terkadang acara ini “melebih-lebihkan” beberapa fakta tertentu terkait negara yang berbeda!

The World Unknown To Matsuko

The World Unknown To Matsuko (マツコの知らない世界) adalah sebuah program tentang otaku, kata yang dipakai untuk mendeskripsikan orang-orang yang sangat terobsesi pada honinya sampai-sampai sangat ahli.

Matsuko Deluxe sendiri adalah seorang cross-dresser dan salah satu public figure paling terkenal di Jepang. Dalam acara ini, ia mengundang orang biasa yang nampaknya memiliki hobi umum padahal sangat menguasai hobinya itu ke “dunianya.”Misalnya saja, seseorang yang hobi banget mengoleksi sumpit hingga memiliki 3000 pasang sumpit yang sempat diundang dalam satu episodenya.

Nah, setiap acaranya dibagi menjadi 2 atau 3 segmen yang selalu dilengkapi dengan penjelasan dan komentar jenaka Matsuko namun tetap dapat dipahami oleh mereka yang belajar bahasa Jepang.

Advanced

Sudah mahir dalam bahasa dan pengetahuan tentang pop culture? Tonton acara berikut ini!

Matsuko & Ariyoshi’s Angry New Party – TV Asahi

Dalam Matsuko & Ariyoshi’s Angry New Party (マツコ&有吉 かりそめ天国), Matsuko yang karismatik akan bersanding dengan Ariyoshi Hiroyuki, seorang komedian dan penyanyi terkenal untuk berdebat (dan terkadang me-roast) orang lain.

Permasalahannya biasanya sederhana, seperti mengapa bungkus tofu sangat sulit dibuka atau bagaimana sih cara yang benar untuk mengoleskan mentega pada roti panggang tanpa menghancurkannya.

Tidak ada tema tertentu dalam perdebatan mereka, layaknya dua sahabat yang mengobrol.  Kalian akan benar-benar menyukainya!  

Dancing Sanma Palace – Nippon TV

Dancing Sanma Palace (踊る!さんま御殿), adalah salah satu acara TV Jepang yang selalu mengundang bintang tamu berbeda setiap minggunya. Di dalam acara ini, mereka akan mengobrol tentang pengalaman pribadi mereka atau masyarakat Jepang, dan tentu saja, dengan cara non-serius.

Topiknya bermacam-macam! Mulai dari kesalahpahaman antara dialek Kansai dan Tokyo, pandangan tentang pernikahan dari perspektif pengantin baru dan pasangan yang telah bercerai serta perbedaan kehidupan antara generasi muda dan tua.

Jadi, bukan hanya bisa mendapatkan pengetahuan tentang bahasanya, kamu juga bisa menggali kultur Jepang secara lebih dalam!

Seru banget ya kelihatannya acara TV Jepang di atas? Jangan lupa tonton ya!