Share on

Makanan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Makanan membentuk budaya manusia, dan sebaliknya, makanan pun dibentuk oleh budaya manusia. Oleh sebab itu, makanan yang biasa saja dimakan oleh sekelompok orang, bisa jadi tidak dimakan oleh kelompok lainnya. Berikut ini adalah beberapa makanan yang menurut orang Jepang mungkin hanya disukai oleh orang Jepang.

GOBO

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: kagoshima-shoku.com)

Di Jepang, gobo atau yang dalam Bahasa Inggris disebut burdock root adalah bahan makanan yang dikonsumsi secara luas, namun karena aroma khasnya dan rasanya yang pahit, makanan ini kurang populer di kalangan orang asing. Pada zaman Perang Asia Timur Raya, pihak Jepang memberi makan tawanan perang Amerika dengan gobo, dan di pengadilan di akhir perang, hal tersebut membuat Jepang dicurigai memberi makan akar pohon kepada tawanan perang.

SHIRAKO

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: wikipedia.org)

Shirako pada dasarnya adalah makanan yang dibuat dari testikel ikan. Inilah hal yang menjadikannya kurang populer di kalangan orang asing. Shirako yang berasal dari ikan fugu adalah makanan yang termasuk mewah di Jepang.

TAMAGO-KAKE GOHAN

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: tetsujin-no-tamago.jp)
Tamago-kake gohan adalah makanan yang dibuat dengan cara mencampurkan telur mentah dengan shoyu dan nasi, kemudian diaduk. Makanan ini tidak populer di kalangan orang asing, selain disebabkan oleh kekhawatiran orang akan bakteri salmonella pada makanan mentah, juga karena pendapat orang asing bahwa "Penampilannya menjijikkan" dan "Telur lebih enak kalau digoreng."

BASASHI

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: kumamoto-basasi.com)

Yang disebut dengan basashi adalah sashimi yang dibuat menggunakan daging kuda. Tidak banyak budaya yang suka memakan daging mentah di dunia, terlebih lagi daging kuda. Adapun alasan orang asing sulit menerima makanan ini bukanlah karena rasa atau baunya, melainkan karena bagi mereka, sulit untuk memakan hewan yang pintar seperti kuda.

MATSUTAKE

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: wikipedia.org)

Matsutake atau jamur pinus adalah salah satu jamur yang harganya mahal di Jepang. Aromanya adalah hal yang membuat orang Jepang menyukai jamur ini, namun aroma yang sama menurut orang asing adalah bau tidak menyenangkan yang diandaikan "Seperti bau kaus kaki tentara," "Seperti bau badan jika tidak mandi beberapa lama," menyebabkan jamur ini kurang populer di kalangan orang asing.

NATTO

Inilah Makanan Yang Mungkin Hanya Disukai Oleh Orang Jepang
(image: natto-world.com)

Natto adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Bentuknya dan aromanya yang kuat merupakan alasan banyak orang asing yang tidak menyukai natto. Tidak hanya orang asing, bahkan orang Jepang sendiri pun banyak yang tidak suka pada makanan ini.

Demikian sebagian dari makanan-makanan yang menurut orang Jepang, mungkin hanya disukai oleh orang Jepang saja, dan tidak disukai oleh orang asing. Apakah kalian pernah atau ingin mencoba makanan-makanan ini?

(Featured image: kabegami.org)