Share on

Seperti yang telah mereka lakukan sejak tahun 1984, cabang-cabang KFC Jepang di seluruh negeri mendandani patung-patung Kolonel Sanders mereka dengan baju zirah besi dan helm untuk merayakan Hari Anak (sebelumnya dikenal sebagai Hari Anak Laki-Laki) pada 5 Mei. Patung-patung Kolonel Sanders biasanya diletakkan di depan toko untuk menyambut pelanggan dan sering mendapatkan makeover yang sesuai dengan musim saat itu. Misalnya, pada bulan Desember, mereka sering mengenakan pakaian Santa Claus. Dan untuk Hari Anak, yaitu baju zirah. Setiap cabang restoran bebas menunjukan interpretasinya sendiri, baik mewakili bushō yang terkenal ('jenderal lapis baja') atau desain asli.

Ulang Tahun ke 50 KFC Jepang (grapee.jp)
Ulang Tahun ke 50 KFC Jepang (grapee.jp)

Namun, tahun ini, ketika toko-toko KFC Jepang sedang mempersiapkan untuk makeover Hari Anak mereka yang biasa, bahaya pandemi coronavirus terus berkembang. Memang, jumlah infeksi harian memuncak secara nasional di angka 743 pada 12 April. Dikombinasikan dengan peringatan ke-50 Tahun, keadaan ini mendorong banyak pemilik restoran KFC dengan tekad kuat untuk memberikan makna jauh lebih dalam dari sekedar rutinitas tahunan. Tidak hanya itu, hal ini merupakan kesempatan bagi cabang restoran untuk mengekspresikan rasa terima kasih mereka kepada komunitas yang mereka layani, juga kesempatan untuk memotivasi dan menginspirasi, serta menampilkan "semangat juang" dalam menghadapi pandemi.

Selain itu, seperti yang telah kami perkenalkan sebelumnya, tradisi Jepang menampilkan boneka prajurit, atau Gogatsu Ningyo, selaras dengan ini, karena mereka dimaksudkan untuk menjadi simbol keberanian dan kekuasaan, serta mewujudkan harapan akan keberuntungan dan perlindungan dari penyakit dan kejahatan.

Tiga contoh Kolonel Sanders dalam baju besi Jepang

Tanpa berdiskusi sebelumnya dengan manajer, kalian biasanya tidak memiliki cara untuk mengetahui apa yang secara spesifik memotivasi karyawan untuk mendesain dekorasi baju besi mereka. Tetapi KFC Jepang telah mengumpulkan sejumlah pesan tahun ini dan mengumumkannya dalam siaran pers mereka. Kami telah memilih tiga (dari kiri ke kanan pada gambar di bawah):

3 contoh desain kostum baju jirah besi KFC Jepang (grapee.jp)
3 contoh desain kostum baju jirah besi KFC Jepang (grapee.jp)

“Para karyawan berkumpul dan menyumbangkan ide. Kami semua ingin melihat pelanggan kami tersenyum ... jadi kami datang dengan desain ini. Model kami adalah Mitsuhide Akechi yang membangun kota di sekitar Kastil Fukuchiyama.” (KFC cabang Fukuchiyama, Prefektur Kyoto)

“Kami ingin melihat pelanggan kami tersenyum, jadi kami membuat ini dengan harapan: 'Jangan biarkan virus corona mengalahkan kita dan mari bertarung bersama!' Desain kami terinspirasi oleh nama keluarga manajer kami, yang memiliki kanji akai (merah) di dalamnya, jadi kami membuatnya menjadi Date Masamune versi merah.” (KFC cabang Nakagawa, Prefektur Fukuoka)

“Saat merayakan ulang tahun ke-50 KFC Jepang, kami ingin agar pelanggan yang mengunjungi toko kami bahagia. Itulah perasaan yang kami masukkan ke dalam desain kami.” (KFC cabang Fuji Grand Kitajima, Prefektur Tokushima)

Pasukan Kolonel

Dalam siaran pers mereka, KFC juga menampilkan komposit yang mewakili sampel lebih dari 30 cabang restoran KFC yang berpartisipasi:

Ke 30 cabang KFC Jepang yang Berpartisipasi (grapee.jp)
Ke 30 cabang KFC Jepang yang Berpartisipasi (grapee.jp)

Patung-patung Kolonel Sanders kembali ke penampilan normal mereka sekarang, tetapi mungkin tahun depan, ketika kalian mengunjungi restoran KFC Jepang, kalian akan memiliki apresiasi yang berbeda tentang apa yang menjadi dekorasi khusus kali itu. Dan jika hal tersebut membawa senyum ke wajah kalian, inilah yang mereka semua harapkan.