Share on

Pada tahun 1985, Hanshin Tiger (tim baseball Osaka) memenangkan Seri Kejuaraan Jepang. Para penggemar yang gembira merayakannya ke jalan dan, sesuai tradisi, bertemu di Jembatan Ebisubashi di Osaka. Demi mengungkapkan kegembiraanya akan keberhasilan sang MVP Randy Bass, seorang penggemar mengambil patung kolonel Sanders dari KFC terdekat, mengangkat patung tersebut dari tempatnya, mendandaninya seperti Bass, dan melemparkannya ke dalam sungai. Sayangnya, mereka tidak tahu apa konsekuensi yang akan mereka dapat dari tindakan gegabah mereka.

Advertise With Us

Kutukan Kolonel Sanders, Mitos Sumber Kekalahan Tim Baseball Osaka
Bass dan Kolonel (image: MLB)

Menurut berbagai informasi, arwah raja franchise ayam goreng ini (Kolonel Sanders meninggal pada tahun 1980) marah dan balas dendam sehingga Hanshin Tiger tidak pernah memenangkan Seri Kejuaraan lagi sejak saat itu.

Kutukan Kolonel Sanders, Mitos Sumber Kekalahan Tim Baseball Osaka
Salah satu fans loncat ke sungai (image: Mental Floss)

Penggemar olahraga seringkali juga adalah sekelompok orang yang percaya takhayul, jadi tidak mengherankan bahwa mereka percaya bahwa ini semua adalah kutukan dari hantu Kolonel Sanders. Dalam 3 dekade, tim belum saja memenangkan Kejuaraan Jepang, meskipun berhasil mencapai babak playoff pada tahun 2003, 2005, dan 2014.

Kutukan Kolonel Sanders, Mitos Sumber Kekalahan Tim Baseball Osaka
Patung Kolonel Sanders ketika ditemukan (image: MLB)

Tentunya, hal yang menghantui ini tidak dianggap enteng. Penggemar tim telah mencoba segala sesuatu seperti berbagai ritual eksorsisme untuk mengangkat kutukan, dan pada tahun 2009, penyelam bahkan menyelamatkan patung tersebut dari sungai. Sayangnya, salah satu tangan Kolonel dan juga kacamatanya masih bersembunyi di suatu tempat di kedalaman sungai yang suram. (Pada tahun 2003, para ilmuwan melarang penggemar melompat ke sungai, karena dilaporkan "penuh dengan lumpur beracun")

(featured image: Deadspin)