Share on

Es krim adalah salah satu dessert paling populer di seluruh dunia. Rasanya yang dingin dan segar membuat makanan ini selalu dicari-cari, terutama saat musim panas. Begitupun di Jepang, es krim selalu jadi pilihan camilan di tengah teriknya matahari musim panas. Nah, mau tahu es krim apa aja sih yang wajib dicoba saat berwisata ke Jepang? Berikut daftarnya!

1. Yukimi Daifuku : Es krim limited edition paling populer!

Yukimi Daifuku (moshimoshi-nippon.jp)
Yukimi Daifuku (moshimoshi-nippon.jp)

Dibuat oleh Lotte pada tahun  1981, Yukimi Daifuku bisa dibilang merupakan es krim revolusioner karena memadukan budaya Jepang dan barat sekaligus. Lapisan luarnya adalah daifuku mochi tradisional dengan isian es krim. Uniknya lagi, meski berupa daifuku, es krim ini berbeda lho. Jika biasanya kulit daifuku menjadi beku setelah dimasukkan ke freezer, es krim ini tidak! Kulitnya tetap lembut, sama seperti es krim di dalamnya. Lezat!  

Selain rasa vanilla yang klasik, masih ada varian rasa cokelat, teh hijau matcha, cookie and cream serta cokelat dan strawberry lho. Cocok banget dimakan kapan pun bersama teman-teman ataupun keluarga!

2. Anzubo (Apricot bar) : Rasa dan harga yang bikin nostalgia

Anzubo (tsunagujapan.com)
Anzubo (tsunagujapan.com)

Buat pecinta rasa asam-asam manis, cocok nih makan Anzubo! Sesuai namanya, es yang diproduksi oleh Minatsune ini dibuat dari anzu (aprikot). Setiap bar-nya dijual dengan harga 20 yen saja, membuatnya populer di kalangan anak-anak. Sayangnya, es segar ini sudah mulai jarang ditemukan di toko-toko.

3. Pannap :  Es krim dengan layer cantik dan lezat

Pannap (tsunagujapan.com)
Pannap (tsunagujapan.com)

Berikutnya, ada es krim lembut produksi Glico,  Panaap. Sejak tahun 1878,  Panapp dikenal sebagai es krim multi-layer yang menggabungkan rasa vanilla dan saus buah-buahan yang segar. Layernya juga sagat cantik dan enak dipandang!  

Es krim ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti anggur, strawberry yogurt dan cokelat.  

4. Pino : Es krim unik dan imut

Pino (tsunagujapan.com)
Pino (tsunagujapan.com)

Selain Yukimi Daifuku, masih ada es krim dengan bentuk unik lain, Pino. Es krim produksi Morinaga ini terdiri dari 6 potong es krim susu yang dilapisi cokelat di luarnya. Rasa cokelat dan es krim yang meleleh di mulutmu bikin kamu nagih!

5. MOW : Rasa susu segar ala Hokkaido

MOW (gigazine.net)
MOW (gigazine.net)

Es krim produksi Morinaga yang terbuat dari susu berkualitas tinggi Hokkaido, fresh cream dan keju mascarpone ini dikenal karena aftertaste-nya yang ringan meski kaya akan susu. Es krim ini tersedia dalam rasa milk vanilla, milk chocolate, milk strawberry, milk cheese dan double berries milk.

6. Mousse : Dessert anak sekolah di area Kyushu

Mousse (tsunagujapan.com)
Mousse (tsunagujapan.com)

Sebenarnya, Mousse adalah dessert yang biasa diberikan sekolah saat siswa-siswa di area Kyushu menikmati makan siangnya di sekolah. Namun, es krim yang diproduksi oleh Seria Roile ini kini jadi salah satu es krim terpopuler di Jepang karena teksturnya yang super lembut dan unik. Mousse juga punya produk baru lho, namanya Mousse Anin (Chinese Almond Pudding) yang juga tak boleh ketinggalan!

7. Giant Cone

Giant Cone (soranews24.com)
Giant Cone (soranews24.com)

Salah satu es krim paling laku di Jepang adalah Giant Cone-nya Glico, “adik” dari  Glico Cone yang diluncurkan pada tahun  1963. Giant Cone sendiri memulai debutnya pada tahun  1984 dengan ciri es krim yang terisi penuh hingga ke puncak cone, dengan cokelat lezat sebagai topping di puncaknya Harganya yang terjangkau (100 yen) dan es krimnya yang banyak membuat Giant Cone laku keras di pasaran.

8. Garigari-kun : Rajanya rasa!

Garigari-kun (tokyocreative.com)
Garigari-kun (tokyocreative.com)

Terakhir, ada Garigari-kun produksi Akagi. Es krim legendaris ini dikenal dengan berbagai rasa yang unik, mulai dari rasa soda yang klasik hingga rasa yang aneh seperti rasa stew! Stik es krimnya juga dikenal dengan undian, jika kamu mendapatkan tulisan "Atari" di stiknya, kamu bisa mendapat hadiah menarik! Tunjukkan saja stiknya ke kasir toko tempatmu membelinya, dapat deh hadiahnya!

Nah, itulah 8 es krim Jepang yang harus kamu coba satu kali seumur hidup!