Share on

Selain dikenal sebagai kota tersibuk, Tokyo dikenal memiliki ramen yang hadir dalam berbagai variasi, mulai dari daging tonkotsu dengan kaldu daging babi, dan ramen pedas sampai ramen vegan tanpa daging. Baik kamu penggemar mie kuah kental atau lebih suka mie cenderung kering yang dilengkapi dengan kuah kaldu. Berikut ada 5 ramen terlezat di Tokyo yang paling dicari. 

Advertise With Us

1. Menya Nukaji Ramen

Ramen terdiri dari kaldu gyokai tonkotsu terbuat dari ayam, babi, dan bahan-bahan laut yang direbus. Sup cokelat muda yang dihasilkan dari rebusan bahan-bahan tersebut kaya rasa dan sedikit pedas. Hidangan ini mulai dijual dengan harga 800 yen untuk ramen standard dan 900 yen untuk ramen pedas, tapi dengan harga 1.200 yen, kamu akan mendapatkan semangkuk lengkap dengan chashu atau lemak daging babi, batang bambu menma, telur rebus dan bawang hijau. Buat kamu yang suka ramen kering, coba pesan Tsukemen ramen dengan kuah kaldu terpisah yang dijual seharga 900 yen.

ramen terlezat di tokyo
Menya Nukiji Ramen di Udagawacho, Shibuya-ku (timeout.com)

2. Kiraku Ramen

Terletak di Dogenzaka di Shibuya, Kikuya, restoran ramen berusia 68 tahun ini telah menyajikan mie ala Tokyo sejak tahun 1952. Ramen sederhana namun lezat patut dicoba, tetapi untuk pemula harus mulai dengan chukamen klasik seharga 700 yen. Kaldu berbahan dasar kecap dikemas dengan bawang goreng dan mie kenyal, dan atasnya dengan tauge segar, nitamago atau telur rebus dan irisan daging babi chashu. Wajib dicoba!

ramen terlezat di tokyo
Kiraku Ramen di Shibuya (timeout.com)

3. Abura Soba Chinchintei

Restoran Chinchintei hanya dapat ditempuh dengan bejalan kaki dari Stasiun Musashi-Sakai di jalur Chuo, restoran ini mudah dikenali dari tenda warna kuning dan merahnya. Chinchintei telah menawarkan menu yang sama sejak 1965 dan selalu ramai dengan pelanggan.  Menu unggulannya adalah Abura soba atau mie tanpa sup seharga 700 yen. Mie dilengkapi dengan rebung, daging babi chashu, dan pasta ikan naruto. Di bagian bawah mangkuk adalah saus khusus penuh dengan rasa daging, dimaksudkan untuk pencampuran dengan mie. Topping tambahan seperti telur mentah 50 yen, telur rebus dan daun bawang sehara 100 yen juga tersedia.

ramen terlezat di tokyo
Abura Soba bisa kamu dapatkan di Restoran Chinchintei yang terletak dekat Stasium Musashi Sakai (timeout.com)

4. Tsukemen Michi

Ramen yang menggabungkan tonkotsu dan sup makanan laut menghasilkan rasa yang luar biasa. Terlepas dari kandungan lemaknya yang tinggi, sup terasa ringan dan sedikit manis. Mie yang dicelupkan tebal dan lembut, dan dapat dipesan terpisah. Tsukemen original dapat dipesan seharga 700 yen, tapi dengan 1000 yen kamu bisa mendapatkan telur, daging babi chashu. Bagi penggemar mie kering, menu yang satu ini wajib dicoba!

ramen terlezat di tokyo
Tsukemen Michi seharga 1000 yen (timeout.com)

5. Miso Ramen Hanamichi

Hanya berjarak tiga menit berjalan kaki dari Stasiun Nogata di jalur Seibu-Shinjuku, toko Hanamichi terkenal karena miso ramen yang lezat seharga 850 yen. Kaldu dasar dibuat dengan miso putih, bawang putih dan lemak babi, kemudian dicampur dengan kaldu babi, ayam dan sayuran dan dimasak menjadi sup. Jika kamu memiliki selera makan yang besar, kamu dapat menambahkan campuran daun bawang dan tauge tanpa biaya tambahan.

ramen terlezat di tokyo
Miso Ramen di Restoran Hanamichi seharga 850 yen, tersedia juga porsi besar! (timeout.com)

Kalau kamu sedang berlibur ke Tokyo, jangan lupa cicipi 5 ramen terlezat di atas ya!