SHARE THIS ARTICLE
568a65e7b2c0c_568a640d5ed86_508943643
image: Wikipedia

Agama Shinto yang merupakan aliran kepercayaan milik bangsa Jepang memiliki beberapa hewan keramat yang dianggap penting dalam kegiatan keagamaan mereka. Hewan-hewan keramat ini dihormati karena tugasnya yang sentral, seperti pengantar pesan atau penjaga kemanan. Karenanya, jangan heran bila sering menjumpai mereka baik dalam bentuk nyata ataupun patung di hampir 100.000 kuil Shinto yang tersebar di seantero Jepang. Supaya tidak asing, yuk kita mengenal mereka satu-persatu. Jangan kaget juga ya bila melihat ada maskot JapaneseStation yang berada di dalam daftar ini!

Merpati

dove
image: Pinterest

Hewan bersayap ini erat hubungannya oleh Hachiman, dewa perang dalam kepercayaan Shinto yang menjaga orang Jepang. Merpati bertugas sebagai pengantar pesan dan pasti dapat ditemukan di lebih dari 25.000 kuil mandiri yang didedikasikan untuk Hachiman. Bila ingin melihat yang spesial, disarankan untuk mengunjungi Usa Hachimangu yang terletak di prefektur Oita, Kyushu.

Komainu

komantsu
image: Ojisanjake.blog

Komainu adalah makhluk yang berbentuk seperti anjing tetapi memiliki wajah singa yang bertugas sebagai penjaga kuil Shinto dari serangan roh jahat. Patungnya dapat ditemui di depan kuil secara berpasangan atau tersembunyi di dalam. Bila ingin melihat komainu yang tidak biasa, direkomendasikan untuk masuk hutan ke kuil Yaeyama yang terletak di prefektur Shimane.

Rubah/Kitsune

500px-Toyokawa_kitsune
image: univie

Rubah yang dalam bahasa Jepang disebut kitsune hadir di lebih dari 32.000 kuil individual Shinto yang diperuntukkan bagi Inari, dewa padi, teh dan sake, lambang kesuburan dan agrikultur. Rubah berfungsi sebagai pembawa pesan dan dapat juga diperuntukkan sebagai penjaga untuk mengganti posisi komainu. Bahkan zaman dahulu banyak yang sengaja memiliki rubah sungguhan untuk menjaga kuil!

Nah, untuk pengalaman terbaik melihat kitsune di kuil Inari, direkomendasikan di kuil utama, yaitu Fushimi Inari-taisha di Kyoto. Jangan lupa ya untuk mengabadikan foto-foto ketiga hewan tersebut saat berkunjung ke kuil-kuil di Jepang!

(featured image source: pinterest.com)

Source : allabout-japan.com
COMMENT