Hari Apakah 11 November di Jepang? Jawabannya: Pocky Day


Jika ditanya hari apakah tanggal 11 November, maka jawabannya tentu saja bervariasi antara 7 hari yang ada dalam seminggu. Meski demikian, bagi orang Jepang,  11 November bukanlah sekedar hari biasa. Hari tersebut dikenal sebagai salah satu hari perayaan tidak resmi di Jepang, Pocky Day.


Pocky adalah snack biscuit berbentuk batang bersalut cokelat yang pertama kali dibuat oleh perusahaan snack asal Jepang, Glico sebagai varian dari snack serupa milik mereka, Pretz. 11 November jika ditulis dengan angka adalah 11-11, seperti sederet Pocky, menjadi alasan tanggal ini didaulat menjadi Pocky Day. Meski demikian, awal dari sejarah perayaan ini tidaklah sesederhana itu.

Meski Pocky lahir pada tahun 1963, perayaan Pocky Day tidak langsung muncul. Malah, perayaan serupa muncul terlebih dahulu di negara tetangga Jepang, Korea Selatan. Di Korea Selatan, pada tahun 1983, perusahaan makanan korea Lotte meluncurkan snack yang serupa dengan Pocky, yaitu Pepero. Sekitar 10 tahun setelahnya, sebuah perayaan bernama Pepero Day lahir.

Di Korea, Pepero Day adalah event besar yang diperlakukan mirip dengan hari Valentine. Konon, tradisi ini dimulai dari dua orang pelajar di Yeongnam yang memakan Pepero pada tanggal 11 November agar mereka bisa menjadi panjang dan tipis tinggi dan langsing seperti Pepero dan angka 11-11. Kisah ini yang menyebar membuat banyak orang ikut memakan Pepero pada tanggal tersebut. Lotte yang mengetahui hal ini mulai mempromosikan Pepero Day secara resmi.


Sementara itu di Jepang, Pocky yang menjadi pelopor snack jenis ini, namun tidak mendapat kehebohan yang sama tidak terima (terutama karena Lotte mendapat setengah keuntungan tahunannya hanya dari pepero Day saja) , dan akhirnya memutuskan untuk membuat perayaan serupa milik mereka sendiri. Bagaimana cara yang bisa diambil untuk memunculkan hubungan antara tanggal 11 November dengan Pocky? Mereka mulai melakukan operasi pemasaran untuk membuat masyarakat Jepang mengenal 11 November sebagai Pocky Day. Sejak 11 November 1999 (atau 11-11-11, karena tahun 1999 bertepatan dengan tahun 11 penanggalan Heisei), Pocky terus membombardir masyarakat jepang dengan iklan hingga akhirnya 11 November terus diingat sebagai Hari Pocky setiap tahunnya.

Berbagai jenis promosi yang dilakukan oleh Glico untuk mempromosikan Pocky day termasuk di dalamnya 2 buah rekor Guiness, yaitu Foto Montase Kue/Biskuit Online Terbesar pada tahun 2014 dengan 16.825 foto, dan juga rekor dunia Mention merk terbanyak di Twitter dalam 24 jam (1.843.733 mention)pada 2012, yang mereka pecahkan lagi pada tahun 2013 dengan 3.710.044 mention.

Nemun penting untuk diketahui juga, bahwa meski kini publik Jepang banyak merayakan kemeriahan perayaan tidak resmi ini, di sisi lain Pocky day (dan Pepero Day di Korea) juga banyak dikritisi sebagai tipu-tipu perusahaan snack untuk meningkatkan penjualan mereka.

(All images: tofugu.com)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
4
LOL
Sugoi! Sugoi!
8
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
5
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes