SHARE THIS ARTICLE

Di balik modernnya Tokyo, ibu kota Jepang tersebut memiliki beberapa spot untuk melakukan wisata horor. Salah satunya adalah Hakone Yama, sebuah bukit yang terdapat di Toyama Park, Shinjuku, Tokyo.

hakoneyama1
Hakone yama [foto: Kentin/wikimedia, via creative commons]

Jika kalian mengunjungi Hakone Yama saat ini, kalian akan dapat melihat beberapa fasilitas penelitian medis di tempat tersebut. Namun beberapa puluh tahun silam, tempat ini konon merupakan bagian dari Japan’s Army Medical College and Hospital. Yang lebih mengerikan, konon disinilah pusat pelatihan untuk Unit 731. Apakah Unit 731 itu?

Unit 731 merupakan salah satu unit di bawah Imperial Japanese Army yang bertugas untuk meneliti dan mengembangkan senjata kimia dan senjata biologis pada masa pra-Perang Dunia II hingga saat Perang Dunia II berlangsung. Unit tersebut diketahui kerap menggunakan manusia sebagai korban percobaannya tanpa mengenal apakah korbannya itu laki-laki, perempuan, bahkan anak-anak dan bayi! Mutilasi tanpa anestesi, pengambilan organ tubuh, percobaan senjata terbaru, hingga penyuntikan bibit penyakit, hanyalah sebagian dari aktifitas yang konon biasa dilakukan oleh Unit 731 ini. Diduga ratusan ribu orang menjadi korban dari eksperimen yang dilakukan oleh Unit 731 yang tersebar di Jepang dan Cina. Berikut beberapa video tentang Unit 731 yang bisa ditemukan di YouTube:

Unit ini sebetulnya berpusat di distrik Harbin, Pingfang, Cina, yang dulunya merupakan kota boneka dari Jepang. Untuk fasilitas di Tokyo sendiri bentuknya berupa sekolah medis dan penelitian. Keberadaan Unit 731 di Tokyo mulai terkuak saat Toyo Ishii, mantan perawat yang dulunya bekerja di sekolah tersebut menyatakan pernah diminta untuk menguburkan banyak mayat setelah Jepang menyerah kalah saat Perang Dunia II. Pernyataan Toyo Ishii tersebut memunculkan reaksi dari pemerintah Jepang yang belum secara terang-terangan mengakui keberadaan Unit 731 yang kabarnya akan menggali lebih lanjut kawasan tersebut.

Mengingat sejarah kawasan ini yang begitu kelam, Hakone Yama pun populer sebagai salah satu destinasi wisata horor di Tokyo. Kabarnya, sampai saat ini masih ditemukan tulang belulang di area ini, dan saat malam tiba, banyak saksi yang menyatakan kerap mendengar suara-suara aneh seperti jeritan, isak tangis, dan rintihan! Tertarik untuk menjelajah Hakone Yama khususnya di malam hari?

hakoneyama2
Hakone yama [foto: Kinori/wikimedia, via creative commons]

– disarikan dari berbagai sumber –

COMMENT