SHARE THIS ARTICLE

Kekurangan guru di Jepang bukan masalah untuk masa datang. Kini, mereka sedang uji coba penggunaan guru robot android untuk mengajar sekolah dasar Nakano di Tokyo.

Murid kelas lima SD di kota Nakano yang berjumlah 28 orang itu, dengan tenang mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru android yang diberi nama Saya, seperti mendengar guru pada umumnya.

Sumber Tribunnews.com, Selasa (11/11/2014), mengungkapkan kejadian itu berlangsung Sabtu (8/11/2014). Semula para murid kaget karena menyangka guru perempuan di depannya adalah manusia.

Aktivitas di dalam kelas pun seperti pada umumnya. Belakangan para murid sadar setelah tahu guru Saya adalah sebuah robot android yang telah dikembangkan Universitas Denki Tsushin dan Universitas Tokyo Rika.

Seorang asisten profesor Hashimoto, terang sumber tersebut, percaya robot dapat terlibat di dalam ruang hidup manusia di masa depan. Kali ini dia tertarik pada ilmu pengetahuan dan kimia.

“Anda ingin lebih tahu bukan, ternyata ilmu pengetahuan untuk murid SD tak akan bisa hilang atau dihilangkan hanya karena manusia tidak ada. Kini bisa pakai robot untuk mengajarkan anak-anak,” paparnya.

“Awalnya takut, aneh diajarkan robot. Lama-lama terbiasa dan enak diajar robot yang bisa diajak komunikasi. Saya ingin terus diajar robot di masa depan. Kelas ini jadi sangat menarik sekali,” ungkap Ibe Kaito (11) salah satu murid.

Source : TribunNews
COMMENT