SHARE THIS ARTICLE

Gempa di Jepang Berskala 7 SR Guncang Kumamoto

Gempa dahsyat berskala 7 Skala Richter (SR) terjadi di Prefektur Kumamoto, Kyushu, di barat daya Jepang pada Kamis malam yang dilanjutkan dengan lebih dari 100 gempa susulan yang kuat yang menewaskan setidaknya 9 orang dan lebih dari 900 orang telah menerima perawatan medis. Para pejabat dari Badan Meteorologi Jepang mengatakan lebih dari 30.000 orang di prefektur tersebut telah mengungsi akibat gempa di Jepang ini.

Seperti dilansir dari newsonjapan.com, ini adalah gempa pertama berskala 7 SR di wilayah Kyushu. Gempa berskala 6,5 SR sendiri melanda Kumamoto City sesaat sebelum pukul 21:30 waktu setempat yang ditangkap kamera robot NHK dan memperlihatkan bagaimana kantor NHK berguncang keras. Setelah gempa yang terjadi Kamis kemarin, sekitar 1.600 personil Self-Defense Force telah dikirimkan ke Prefektur Kumamoto untuk melakukan kegiatan penyelamatan dan menilai kerusakan, juga menyiapkan makanan, penyediaan air dan mengobati korban yang terluka.

Beberapa gempa susulan yang hampir sekuat gempa pertama juga menyebabkan lebih banyak kerusakan pada berbagai bangunan. Kastil Kumamoto yang merupakan aset budaya Jepang yang penting, hampir setengah dari dinding batunya yang sepanjang sekitar lebih dari 200 meter telah rusak. Kebakaran juga terjadi di daerah bencana dan lebih dari seribu rumah di prefektur tersebut juga telah kehilangan gas dan listrik.

.

Semoga para korban gempa diberi ketabahan dalam menghadapinya dan semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Sources :
COMMENT