Share on

Salah satu event wajib tahunan untuk para pecinta game yang ada di Jepang yaitu Tokyo Game Show 2020 resmi dibatalkan karena pandemi COVID-19 in. Selain Tokyo Game Show juga banyak event serupa di luar yang juga dibatalkan, mulai dari E3, San Diego Comic Con, dan masih banyak lagi.

Event yang didominasi oleh pameran yang berbasis video game ini dibatalkan dalam rangka upaya pencegahan Jepang dalam menangani penyebaran virus corona, dan pihak dari venue yang biasa digunakan oleh TGS sendiri telah mempertimbangkan banyak hal. Walaupun mungkin di Makuhari Messe bisa dilakukan social/physical distancing, tapi mereka tidak yakin hal itu dapat mencegah sekalipun tetap diberlakukan, mengingat akses utama sebagian orang menuju ke tempat adalah dengan menggunaka kereta yang mungkin saja bisa terjadi penyebaran.

Salah satu panitia TGS menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

"Karena wabah virus corona di Jepang belum mencapai puncaknya dan tidak dapat diprediksi sampai kapan di Jepang, para pihak penyelanggara juga telah memutuskan untuk membatalkan acara ini. Keputusan ini dilakukan dengan pertimbang yang cukup berat dan panjang demi memprioritaskan kesehatan dan keamanan pengunjung, peserta, exhibitor dan juga pengisi acara. Kami mohon maaf dan meminta pengertian dan kerja sama Anda demi kebaikan semua." 

Namun, pihak penyelanggara juga menyatakan bahwa mungkin showcase dan konferensi penting bisa saja dilakukan secara digital via live streaming. Hingga kini, belum diketahui apakah ini tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Mereka masih akan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait tentang detailnya, setidaknya sampai akhir bulan ini seperti yang dikutip melalui akun Twitter resmi TGS

Tak hanya event game yang terpengaruh di Jepang, sebelumnya salah satu event doujinshi terbesar yaitu Comiket pun harus dibatalkan. Namun, para fans cukup terhibur dengan adanya Air Comiket sebagai penggantinya. Semoga TGS pun bisa dinikmati dengan live streaming.