Share on

Comiket ialah surga bagi otaku, cosplayer, penulis manga yang diterbitkan sendiri, dan doujin lainnya, atau juga penggemar yang bersatu untuk menciptakan suatu karya dan berbagi minat bersama. Acara ini diadakan dua kali setahun sejak acara perdananya pada tahun 1975, konvensi doujin ini adalah yang terbesar di dunia, dan semakin besar setiap tahunnya.

Comiket Venue - Tokyo Big Site (soranews24.com)
Comiket Venue - Tokyo Big Site (soranews24.com)

Sayangnya rekor itu terhenti ketika Comiket ke-98 (alias C98) yang semula dijadwalkan pada 2-5 Mei, dibatalkan awal tahun ini karena pandemi coronavirus. Hal ini mengecewakan tidak hanya bagi para seniman yang ingin berbagi doujinshi mereka (manga yang diterbitkan sendiri), tetapi juga untuk para penggemar otaku dan doujinshi lainnya, yang selalu bersemangat untuk mendapatkan doujinshi favorit mereka, apa pun yang terjadi.

Tapi jangan takut! Semangat doujinshi tetap ada, karena Comiket dihidupkan kembali dalam bentuk digital sebagai ang pertama kali "Air Comiket!" Diadakan pada tanggal yang sama dengan Comiket asli dan merupakan hasil dari kerja sama dengan berbagai instansi bisnis dan organisasi, ini adalah acara online di mana para otaku masih dapat bersenang-senang dalam fandom mereka dan menikmati doujinshi favorit mereka bersama-sama, meski tetap terpisah.

“[Pengumuman] Hari keempat Air Comiket telah berakhir. Hari ini kami memiliki 0 pengunjung ke ruang acara, dengan total 0 pengunjung selama akhir pekan. Terima kasih sudah datang!"

Untuk membuat komunitas doujin online bersemangat, Komite Persiapan Comiket (alias Comiket PC) mengatur daftar tagar yang dapat digunakan para peserta saat bergabung di Air Comiket, sehingga semua orang dapat merasa seolah-olah mereka menikmati acara tersebut bersama. Dimulai dengan tagar Air Comiket dasar, # , setiap sub-kategori Comiket mendapatkan tagar tersendiri sehingga semua orang tahu di mana menemukan barang-barang favorit mereka, seperti sistem kode bilik di acara nyata Comiket. Akun Air Comiket khusus, @comiket_air, juga mengamati dan me-retweet beberapa post terbaik di akhir pekan, untuk memudahkan siapa saja berpartisipasi.

Apa pun yang terkait dengan budaya Comiket atau doujin bisa ditampilkan, termasuk foto-foto acara masa lalu, diskusi tentang bagaimana acara tersebut diselenggarakan, dan “iklan diri” oleh mereka yang berencana untuk mengadakan keduanya!

Akun resmi Air Comiket membagikan tweet peserta tentang rencana awal untuk pengaturan stan di aula

Misalnya, penulis dan klub doujinshi diundang untuk tweet tentang aktivitas mereka di masa lalu dan sekarang, mengiklankan publikasi mereka, serta berbagi sketsa dan panel terbaru mereka dengan tagar # # . Tentu saja, seperti tahun-tahun sebelumnya, katalog web Comiket juga tersedia, di mana circle doujin dapat membuat para penggemar mereka tetap up-to-date tentang proyek-proyek mereka selama durasi acara, tetapi tahun ini sebagai pengganti bilik-bilik penelusuran, penggemar juga dapat menggunakan katalog online untuk membeli volume terbaru doujinshi favorit mereka, dengan bantuan toko buku online. Penulis juga dipersilakan memposting tautan ke tempat karya mereka dapat dibeli.

Tentu saja, salah satu daya tarik terbesar dari Comiket adalah cosplayer terkemuka, dan sementara para penggemar tidak dapat melihat cosplayer favorit mereka secara langsung kali ini, Twitter terbukti berguna dalam hal itu juga. Seperti para seniman doujinshi, cosplayer diberi tagar khusus untuk digunakan (# # ), dan diundang untuk berbagi tentang proyek terbaru mereka serta pemotretan masa lalu mereka, dan bahkan didorong untuk mengenakan cosplay di rumah!

Bahkan cosplayer paling populer di Jepang, Enako, berpartisipasi dengan berbagi foto dari Comiket sebelumnya.

Perusahaan bisnis dan percetakan yang telah mendaftar untuk memiliki stan di C98, dan mereka yang telah berpartisipasi di masa lalu, juga diundang untuk berpartisipasi secara digital dengan berbagi pengalaman dan kisah mereka. Dan tentu saja, mereka yang telah merencanakan untuk pergi ke Comiket untuk membeli dan mencari harta karun disana juga memiliki banyak kesempatan untuk berpartisipasi. Selain membeli doujinshi favorit mereka secara online, mereka dapat menggunakan tagar Twitter untuk terhubung dengan penggemar lain, me-retweet posting, dan berbagi informasi dan pengalaman. PC Comiket juga membuat panggung Comiket dengan ruang kecil dan merekam acara di sana, sehingga penggemar benar-benar dapat merasakan seolah-olah mereka secara fisik berada di Tokyo Big Site menikmati perayaan.

Para penggemar bahkan tidak harus ketinggalan merchandise C98! Tas belanja kertas yang dimaksudkan untuk dijual diberikan sebagai hadiah bonus dengan pembelian sebesar 3.000 yen atau lebih di toko buku online yang berpartisipasi, dan hadiah gelang tanda masuk C98 disertakan dalam setiap pembelian dari perusahaan percetakan tertentu.

Gelang tanda masuk C98 (sornaews24.com)
Gelang tanda masuk C98 (sornaews24.com)

Jika mereka suka, penggemar juga dapat memilih untuk membeli versi digital dari katalog doujinshi C98 di toko buku online yang berpartisipasi. Hampir seolah-olah mereka memiliki pengalaman penuh Comiket tanpa benar-benar pergi kesana!

Comiket 98 Catalog (soranews24.com)
Comiket 98 Catalog (soranews24.com)

Pada akhirnya, meskipun penggemar tidak bisa berkumpul untuk Summer Comiket tahun ini, penyelenggara dan peserta masih berhasil menjaga semangat acara tetap hidup dengan datang bersama secara digital untuk merayakan budaya doujin di Air Comiket, dan menilai dari thread di Twitter, semua orang tampak bersenang-senang.

Meskipun nasib Winter Comiket juga tampaknya dalam bahaya, semoga upaya yang kita semua lakukan untuk tetap di rumah saat ini akan membawa semua orang dapat dipersatukan kembali di C99 pada bulan Desember. Dan sementara itu, kita semua masih bisa terhubung dengan sesama otaku melalui keajaiban Internet!