Berita Jepang | Japanesestation.com

Lalu apa yang membuat sebuah idol atau chika idol diklasifikasikan sebagai alt idol? Secara umum, mereka yang cenderung melawan sistem atau menentang hal-hal yang lazim ditawarkan oleh sebuah idol dapat diklasifikasikan sebagai alt idol. Namun, belakangan juga banyak yang mengkaitkan alt idol dengan genre musik yang diusung. Kebanyakan dari alt idol group mengusung genre yang tidak lazim ditawarkan oleh sebuah idol group, seperti Rock, Punk, Metal dan bahkan Black Metal.

Alt Idol, Sebuah Fenomena Baru Dalam Industri Musik Jepang
BiS, circa 2012

Gerakan pemberontakan ini berakar dari dua grup, BiS (Brand-new Idol Society) dan BABYMETAL. Kedua grup ini memulai aktivitasnya sejak tahun 2010. BiS yang dibentuk oleh Pour Lui, memang sejak awal memiliki visi untuk melawan arus. Image yang diperlihatkan oleh BiS jauh berbeda dari idol biasa, BiS seringkali tampil secara vulgar, mulai dari tampil berdarah-darah sampai yang paling kontroversial adalah tampil telanjang di hutan yang terkenal sebagai tempat bunuh diri di Jepang, Aokigahara lewat video klip My Ixxx. BiS memiliki pengaruh yang cukup besar dalam skena idol di Jepang, salah satunya mendorong idol group baru bermunculan di Jepang dengan semangat yang sama, sekaligus memperluas pengaruh alt idol di kalangan para penggemar di Jepang.

Alt Idol, Sebuah Fenomena Baru Dalam Industri Musik Jepang
BABYMETAL

Lain halnya dengan BiS, BABYMETAL lebih banyak berpengaruh terhadap penyebaran idol culture Jepang ke luar negeri, cukup banyak fans dari luar negeri yang mengenal dan menggali lebih jauh mengenai idol culture Jepang melalui BABYMETAL ini, terutama sejak video klip Gimme Chocolate!! menjadi viral. Dalam hal seputar alt idol, BABYMETAL juga memiliki andil besar karena menciptakan sebuah genre fusion yang sangat bertentangan, namun sangat berhasil yaitu menggabungkan idol pop dengan metal yang mereka sebut sebagai Kawaii Metal. Tidak seperti BiS, BABYMETAL tidak memiliki visi yang keras untuk menentang arus idol culture saat itu. Kobametal sebagai produser memang sejak awal memiliki keinginan untuk membentuk sebuah idol group yang mengusung genre tersebut setelah terkesan dengan penampilan Suzuka Nakamoto (Su-metal) dengan grup sebelumnya, Karen Girl’s. Hal ini kemudian baru dapat terwujud dengan membentuk BABYMETAL sebagai sub-unit Sakura Gakuin, idol group yang memiliki tema sekolah dengan menjadikannya sebagai heavy music club.

Huawei MatePad Pro

Alt Idol, Sebuah Fenomena Baru Dalam Industri Musik Jepang
WACK group

Bermula dari dua grup tadi, skena alt idol saat ini dapat dibilang sudah cukup besar. Banyak grup baru bermunculan dan bertahan cukup lama yang mengusung berbagai genre fusion. BiS serta suksesornya, BiSH dikenal dengan genre Punk Rocknya, PassCode dengan genre Trance Metal dan EDM, NECRONOMIDOL dengan genre Black Metal, Yanakoto Sotto Mute dengan genre Indie Rock, sora tob sakana dengan  Math Rock. Beberapa grup tadi hanya sebagian contoh dari luasnya variasi genre yang ditawarkan oleh para alt idol. Berbicara mengenai alt idol saat ini, tentu tidak luput dari manajemen idol yang sedang naik daun belakangan, WACK (Watanabe Artistic Creative Kabushikigaisha). Seluruh idol group yang berada di bawah manajemen yang dibentuk oleh Watanabe Junnosuke ini dapat dibilang merupakan alt idol. Selain BiS dan BiSH, WACK juga menaungi GANG PARADE, EMPiRE dan juga BILLIE IDLE yang merupakan pecahan dari BiS dan grup dimana Pour Lui sekarang beraktivitas.

Alt Idol, Sebuah Fenomena Baru Dalam Industri Musik Jepang
Lineup Summer Sonic 2018

Popularitas alt idol juga menjangkau berbagai macam media. Dapat dibilang dua grup yang saat ini menjadi sorotan adalah BiSH dan PassCode. BiSH yang baru-baru ini sukses menjual habis tiket konser tunggalnya di Yokohama Arena seringkali muncul dalam berbagai iklan produk. Aina The End, salah satu member BiSH juga cukup sering berkolaborasi dengan musisi lain. PassCode walaupun tidak sebesar BiSH, seringkali diundang dalam berbagai festival musik besar di Jepang. Tidak hanya sekali PassCode berbagi panggung dengan BiSH dalam festival besar berskala internasional seperti Vans Warped Tour Japan 2018 dan Summer Sonic Festival 2018 mendatang. Dapat dibilang kehadiran 2 idol group ini untuk mengisi slot yang biasanya diisi oleh BABYMETAL yang sedang tur di luar Jepang.

Alt Idol, Sebuah Fenomena Baru Dalam Industri Musik Jepang
PassCode

Lantas, apa yang akan terjadi selanjutnya? Akankah banyak bermunculan idol group baru yang membawakan semangat yang sama? Apakah tren alt idol ini akan bertahan lama? Hanya waktu yang dapat menjawabnya. Sebuah idol group dapat saja bermunculan dengan menyajikan berbagai macam genre fusion. Namun butuh formula yang tepat untuk menemukan sweet spot agar dapat menjadi besar seperti BiSH, PassCode atau bahkan BABYMETAL.

(Featured Images: Tokyo Girls Update, Officially JD, Japan Times, Japan Forward, Amazon, NME, Avex, Yunika Vision, ticketflap )

(Sources: BiS Wikipedia Page, BABYMETAL Wikipedia Page, Japanese idol Wikipedia Page, Homicidols, Vice,  This Exist Youtube Channel, Japan Forward )

[zombify_post]