Share on

Jika kalian tertarik untuk belajar bahasa Jepang, menonton drama TV Jepang dengan menggunakan bahasa aslinya dapat sangat membantu. Tidak seperti kebanyakan anime, yang cenderung menggunakan bahasa Jepang yang unik atau benar-benar gaul dan tidak banyak digunakan dalam kehidupan nyata, drama TV Jepang atau dorama sering mencerminkan situasi kehidupan sehari-hari dan menggunakan bahasa Jepang biasa. Setidaknya ini dapat menjadi langkah pertama untuk menjadi akrab dengan bahasa tersebut. Di sini JS akan memperkenalkan beberapa dari drama TV Jepang terbaik untuk pemula sebagai referensi teman-teman sekalian.

Hana Yori Dango

Bagi siapa saja yang suka dorama, Hana Yori Dango adalah drama TV Jepang klasik yang tidak dapat dilewatkan di daftar mana pun! Berasal dari manga dengan judul yang sama dan menjadi fenomena pada saat masanya, sampai mendapat adaptasi untuk versi Korea dan Taiwan.

Makino Tsukushi adalah satu-satunya siswa kelas menengah dengan keuangan terbatas yang belajar di Eitoku Gakuen School, sekolah bergengsi dan eksklusif hanya untuk keluarga terkaya dan paling istimewa di negeri ini. Sekolah ini “dikuasai” oleh F4 atau Flower Four, yang terdiri atas putra taipan terkaya dan terkuat di Jepang. Nishikado Soujiro seorang playboy yang merupakan pewaris sekolah upacara minum teh yang terkenal, Mimasaka Akira putra seorang anggota yakuza Jepang, Hanazawa Rui putra introvert dari sebuah perusahaan besar, dan pemimpin grup sekaligus pewaris Grup Keuangan Dunia Domyoji, Domyouji Tsukasa. Para anggota F4 menggertak siswa yang tidak mereka sukai hanya karena kesenangan atau rasa bosan sampai mereka meninggalkan sekolah.

Hana Yori Dango (jw-webmagazine.com)
Hana Yori Dango (jw-webmagazine.com)

Karena status sosialnya dan karena tidak tahan dengan kedangkalan teman-teman sekelasnya, Makino tidak punya banyak teman di sekolah. Suatu hari sahabat satu-satunya di sekolah mendapat masalah dengan F4 dan Makino pergi untuk membelanya. Tapi situasinya berubah secara tak terduga ketika Domyouji jatuh cinta pada Tsukino setelah dia memukulnya.

Pada tahun 2018, sebuah drama berjudul Hana Nochi Hare: Hanadan Next Season keluar, yang merupakan kelanjutan dari Hana Yori Dango, dan itu terjadi sepuluh tahun setelah kisah Makino dan Domyouji dimulai. Kedua drama ini diadaptasi dari manga Kamio Yoko dan menjadi kisah manga shojo terlaris sepanjang masa.

Code Blue

Dibintangi oleh penyanyi dan aktor terkenal Yamashita Tomohisa, Code Blue adalah salah satu drama TV Jepang paling populer dengan mengangkat tema medis. Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2007 hingga sekarang dan sudah mencapai tiga musim, serta film spesial baru-baru ini, merupakah hal yang tidak biasa untuk dorama Jepang.

Code Blue (jw-webmagazine.com)
Code Blue (jw-webmagazine.com)

Pada Juni 2007, Jepang melegalkan sistem "Helikopter Dokter". Sebuah tim medis dikirim ke lokasi pasien dengan helikopter untuk memberikan perawatan medis di lapangan sesegera mungkin dan segera menstabilkan transportasi ke rumah sakit dengan cepat. Dokter muda dan baru saja lulus Aizawa Kosaku, Shiraishi Megumi (Aragaki Yui), Hiyama Mihoko (Toda Erika) dan Fujikawa Kazuo adalah orang pertama yang ditugaskan ke sistem medis terbaru ini sebagai "fellows". Selama pelatihan sebagai dokter penerbangan, mereka menghadapi situasi kritis dan kadang-kadang harus menerima kematian pasien mereka. Mereka tidak hanya akan belajar bagaimana meningkatkan keterampilan medis mereka tetapi juga menghadapi ketakutan dan rasa tidak aman, serta berurusan dengan ambisi atau masalah pribadi, hingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik secara personal maupun dalam tim.

Kindaichi Shonen no Jikenbo N

Kindaichi Shōnen no Jikenbo atau yang dikenal sebagai The Kindaichi Case Files dalam bahasa Inggris adalah seri manga misteri Jepang. Protagonisnya adalah Hajime Kindaichi, seorang cucu siswa sekolah menengah dari detektif swasta terkenal Kosuke Kindaichi (karakter fiksi). Bagi mereka yang suka anime dan manga, drama TV Jepang ini mirip dengan seri manga Detektif Conan yang terkenal, meskipun Kindaichi adalah manga yang lebih tua dan kurang populer di luar negeri.

Kindaichi Shonen no Jikenbo N (jw-webmagazine.com)
Kindaichi Shonen no Jikenbo N (jw-webmagazine.com)

Serial live action pertama dibuat pada tahun 1995 dan dibintangi oleh Tsuyoshi Domoto dari Kinki Kids. Sejak itu ada beberapa versi berbeda yang dibintangi oleh berbagai aktor (1996, 2001). Tapi yang kami sarankan di sini adalah versi terbaru yang dibuat pada tahun 2014 dan disebut Kindaichi Shonen no Jikenbo N, dimana protagonisnya adalah Ryosuke Yamada dari Hey! Say! JUMP!