SHARE THIS ARTICLE

Pernahkah kalian berjuang untuk menghentikan cegukan? Mungkin kalian dapat memakai berbagai metode dan cara untuk menghentikan cegukan tersebut, di antaranya adalah dengan cara menahan napas, mintalah seseorang untuk mengagetkan kalian, minum segelas air sekaligus, mengatakan ‘daizu (kacang kedelai)’ beberapa kali, dll. Tapi apakah kalian tahu jika ada mitos di Jepang jika ketika kalian cegukan lebih dari 100 kali, kalian akan meninggal. Beberapa daerah di Jepang bahkan ada yang percaya kita akan meninggal jika cegukan sampai 1000 kali, tapi berapapun jumlahnya apakah itu benar?

Jawabannya adalah ‘tidak benar’, cegukan tidak mengakibatkan orang meninggal baik itu mengalami 100, 1000 kali cegukan atau bahkan lebih. Namun kabar buruknya adalah bahwa hal tersebut bisa menjadi tanda masalah kesehatan seperti tumor otak, meningitis, atau kegagalan saraf pusat terkait. Tapi tentu saja cegukan berlebih sangat tidak baik untuk tubuh, karena selain penyakit yang disebutkan sebelumnya ada tanda-tanda seperti mati rasa di anggota badan atau sakit kepala yang sangat tajam, sehingga kalian tahu ada sesuatu yang salah dalam tubuh kalian.

Mitos di Jepang seperti halnya mitos cegukan yang dapat mengakibatkan kematian mayoritas berasal dari ucapan orang tua yang sedikit memberi kesan menakut-nakuti untuk para generasi di bawahnya. Tapi mungkin tujuan utamanya adalah hanya memperingatkan orang-orang untuk lebih berhati-hati tentang kesehatan mereka, tanpa bermaksud untuk menakut-nakuti. Jadi, kalian mulai sekarang tidak harus takut saat mengalami cegukan, karena sekali lagi cegukan tidak berakibat pada kematian, tapi tetap saja tidak baik untuk tubuh jika cegukan itu berlebihan.

(Featured image: youbeauty.com)

Source : japanstyle.info
COMMENT