Deretan Mobil Aneh dari Jepang Nggak Mungkin Kamu Lihat Di Indonesia

Beberapa diantaranya dianggap aneh, bahkan kurang masuk akal dari segi desain. Penasaran? Yuk simak deretan mobil aneh yang ada di Jepang berikut ini:


Negara-negara maju yang menjadi produsen mobil ternyata memiliki pabrikan mobil lokal yang memproduksi berbagai varian model berbeda dan mengekspornya ke negara lain. Salah satu negara yang produktif dalam menciptakan kendaraan roda empat ini adalahh Jepang. Mobil yang diproduksi oleh pabrikan negara ini sudah banyak digunakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Sebagian besar mobil yang akhirnya sampai ke Indonesia tentu saja sudah melewati berbagai ujian di industri otomotif, sehingga sering kita lihat berseliweran di jalanan.


Nah, ternyata ada juga lho deretan mobil asal Jepang yang mungkin nggak kamu lihat melaju di jalanan depan rumah kamu, atau bahkan tidak pernah ada di Indonesia. Beberapa diantaranya dianggap aneh, bahkan kurang masuk akal dari segi desain. Penasaran? Yuk simak deretan mobil aneh yang ada di Jepang berikut ini:

  1. Yamete Kudasai
    4

    Mobil ini memiliki kapasitas mesin sebesar 400 cc dengan dual silinder. Katanya, mobil ini jadi idaman anak pantai di Jepang yang punya hobi balapan di masanya. Jika di Indonesia, mobil Daihatsu Sirion memang banyak beredar dan pernah menjadi primadona sebagai mobil yang efisien. Kebayang kan gimana bentuknya kalau kamu balapan dengan mobil daihatsu sirion di Indonesia tanpa modifikasi apapun? 

  2. Yamete Kudasai
    3

    Mazda Cosmo adalah grand touring coupé yang diproduksi oleh Mazda dari 1967 hingga 1995. Sepanjang sejarahnya, Cosmo berfungsi sebagai kendaraan pembuka untuk pabrikan Mazda, dengan Cosmo pertama berhasil meluncurkan mesin Mazda Wankel. Generasi terakhir Cosmo berfungsi sebagai kendaraan utama Mazda di Jepang, dijual sebagai Eunos Cosmo melalui divisi mewah Eunos di Jepang.

    Mazda memilih untuk menggunakan nama "cosmo", yang mencerminkan daya tarik budaya internasional dengan Space Race, karena Mazda ingin memamerkan mesin putar sebagai pemikiran ke depan, dengan fokus pada perkembangan dan teknologi masa depan.

  3. Yamete Kudasai
    3

    Toyota Sports 800 adalah mobil sport produksi pertama Toyota. Prototipe untuk Sports 800, yang disebut Publica Sports, memulai debutnya di Tokyo Auto Show 1962, menampilkan kanopi geser dan memanfaatkan power train 21 kW (28 hp) Publica 700, serta dianggap sebagai mobil ekonomis di pasar Jepang. Toyota Sports 800 disebut "Yota-Hachi" (ヨ タ ハ チ), yang merupakan bentuk pendek Jepang untuk "Toyota 8". Di Jepang, kendaraan itu eksklusif untuk jaringan penjualan ritel Toyota Jepang yang disebut Toyota Public Store bersama dengan Publica.

  4. Yamete Kudasai
    2

    Mobil ini dijuluki sebagai 'tiket menuju surga' olelh Brian Silverstro Road dan Track Article. Mobil Isuzu Vehicross ini hanya diproduksi sebanyak 6.000 unit dan 4.000 unitny dibuat di Amerika Serikat. Awalnya, mobil ini akan difungsikan untuk medan-medan berat yang banyak ditemui di negara paman sam. Namun, sepertinya mobil ini kurang laku di pasaran. 

  5. Yamete Kudasai
    2

    Pada sekitar tahun 2009, mobil-mobil mini menjadi primadona di Tokyo motor Show. Salah satu yang mencoba muncul menjadi primadona adalah mobil varian Daihatsu Basket Concept ini. Jika di Indonesia, mungkin mobil ini cocok untuk masuk ke gang-gang sempit ya. 

  6. Yamete Kudasai
    2

    Daihatsu Hijet (ダ イ ハ ツ ハ イ ゼ ッ ト) adalah microvan dan truk pickup yang diproduksi dan dijual oleh produsen mobil Jepang Daihatsu sejak 1960. Meskipun ada kemiripan antara nama Hijet dan skema penamaan Toyota untuk truk dan van (Hiace dan Hilux), namanya " Hijet "telah digunakan untuk truk Kei dan Microvan Daihatsu sejak 1960, lebih dari dua dekade sebelum Toyota mengambil alih. "Hijet", ketika ditransliterasikan ke dalam bahasa Jepang, sangat mirip dengan "Midget", salah satu mini-trucks Daihatsu lainnya. Hijet bersaing di Jepang dengan Honda Acty, Subaru Sambar, Mitsubishi Minicab, Suzuki Carry, dan Nissan Clipper.

  7. Yamete Kudasai
    2

    Nissan Skyline (産 ・ ス カ イ ラ ン ン , Nissan Sukairain) adalah sederetan mobil compact, baik mobil sport dan mobil eksekutif compact yang semula diproduksi oleh Prince Motor Company mulai tahun 1957, dan kemudian diambil alih oleh Nissan setelah kedua perusahaan bergabung pada 1967. Setelah merger, Skyline dan mitranya yang lebih besar, Nissan Gloria, dijual di Jepang pada saluran penjualan dealer yang disebut Nissan Prince Shop. The Skyline sebagian besar dirancang dan direkayasa oleh Shinichiro Sakurai dari awal, dan ia tetap menjadi pengaruh utama mobil ini sampai kematiannya pada tahun 2011.

  8. Yamete Kudasai
    2

    The Daihatsu Copen adalah roadster 2-pintu dengan hardtop aluminium produksi pabrikan mobil Jepang Daihatsu. The Daihatsu Copen memulai debutnya di Tokyo Motor Show tahun 1999, sebagai konsep Daihatsu Copen. Model generasi kedua memulai debutnya sebagai Kopen (Future Included) di 2013 Tokyo Motor Show.

  9. Yamete Kudasai
    2

    Meskipun Daihatsu telah memproduksi becak motor untuk membawa barang sejak 1930, dan juga memproduksi mobil kecil untuk keperluan militer pada tahun 1937, Bee adalah mobil penumpang pertama yang dibangun perusahaan untuk dijual kepada masyarakat umum. Mobil itu dipasarkan dari Oktober 1951, sesaat sebelum perusahaan berganti nama dari 'Hatsudoki Seizo Co' menjadi Daihatsu. Kode model Bee adalah PCA. Hm... mirip bemo ya? 

  10. Yamete Kudasai
    2

    Honda City generasi pertama (Honda Jazz di Indonesia) adalah hatchback subkompak yang ditujukan terutama untuk pasar domestik Jepang. Mobil varian ini juga dipasarkan di luar negeri dan tersedia dalam sejumlah versi. Pertama kali diperkenalkan pada November 1981 itu membawa kode model AA untuk sedan, VF untuk van, dan FA untuk widetrack Turbo II dan Cabriolets. Itu dijual di saluran penjualan dealer Honda Jepang yang disebut Honda Clio. Mungkin jika tidak ada mobil varian ini, kita tidak akan pernah melihat honda jazz berseliweran di Indonesia.


  11. Yamete Kudasai
    2

    Mazda Carol adalah nama yang digunakan oleh Suzuki untuk Mazda untuk mobil kei dari 1962 hingga 1970. Ini dihidupkan kembali lagi dengan Mazda 1989 yang masuk kembali ke kelas mobil kei dengan merek Autozam. Sejak itu, telah dikaitkan dengan Suzuki Alto Jepang.

  12. Yamete Kudasai
    1

    Mobil ini terkesan sangat ceper dengan kapasitas mesin mencapai 500 cc. Secara interior, bagian dalam mobil ini dibuat sangat minimalis dan hanya disisakan hal-hal penting seperti fungsi kemudi. Tahu nggak? Mobil ini bahkan tidak memiliki dasbor dan hanya memiliki satu kursi, shifter, tuas drift yang kadang-kadang berfungsi sebagai rem parkir dan terowongan besar untuk driveline untuk melumpuhkan semua torsi itu.

  13. Yamete Kudasai
    1

    Mobil ini terkesan memiliki model sporty, dan sepertinya tidak terlihat aneh. Namun, dari sisi spesifikasi mesin, mobil ini memiliki waktu tempuh 0-60mph lebih cepat dibanding mobil Mazda 6 2014. Dalam satu kilometer, mobil ini menyedot 2.5 liter bahan bakar. Dari beberapa peluncuran yang dilakukan, Mitsuoka Orochi dikenalkan sebagai "Fashion Supercar". Hm.... 

  14. Yamete Kudasai
    1

    Menurut artikel yang dirilis oleh Sam keller tentang Autotrader, mobil ini adalah inovasi dari pabrikan asal Jepang sebagai mobil panti. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, mobil Honda Vamos mampu melewati medan berpasir.

  15. Yamete Kudasai
    1

    Jika di Indonesia, mungkin mobil varian Daihatsu Move akan dianggap sebagai mobil rusak karena posisi rodanya yang terkesan kurang sempurna. Namun sebenarnya, mobil yang dibuat oleh pabrikan Daihatsu yang masih satu jenis varian sempat laku di pasaran. Tentunya dengan model roda yang normal. Daihatsu Move adalah mobil kei, yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Daihatsu sejak Agustus 1995. Pindah dirancang setinggi mobil kompak seperti Suzuki Wagon R. Daihatsu berhasil menjual 500.000 Moves selama tiga tahun pertama produksinya. 

  16. Yamete Kudasai
    1

    Daihatsu Esse adalah mobil kei Jepang yang diluncurkan pada bulan Desember 2005, yang pada saat peluncuran adalah mobil baru termurah di Jepang. Rentang harganya sebelumnya ¥ 682.500 - ¥ 1.123.500, jika di-Rupiah-kan, ada di kisaran 90 - 200 jutaan. Ini memiliki empat kursi dan mesin 658 cc (40 kubik inci).

  17. Yamete Kudasai
    1

    Pada bulan Agustus 1957, DKA Midget yang asli diperkenalkan. Ini menampilkan roda tiga, satu kursi, kabin tanpa pintu, dan kemudi stang. Mesinnya adalah desain dua-silinder berpendingin udara dua langkah dari 250 cc (ZA) yang menghasilkan 8 PS (6 kW). Awal Agustus 1959 diganti dengan DSA yang lebih nyaman, yang memiliki pintu dan versi mesin ZA 10 PS (7 kW) yang lebih kuat. Kapasitas kargo maksimum juga ditingkatkan, dari 300 menjadi 350 kg (660 hingga 770 lb). [1] Ada juga versi dua dudukan yang langka (DSAP), dengan kursi penumpang diimbangi di sebelah kiri pengemudi. Ini membutuhkan kompartemen penumpang yang lebih panjang, yang dirambah di area kargo. Ada juga DSV, versi van panel.

    Nah, mungkin ini yang paling mirip dengan bemo di Indonesia ya. 

  18. Yamete Kudasai
    1

    Kalau di Indonesia, mungkin kita tidak asing dengan mobil ini. Hanya, bagi sebagian besar pecinta otomotif di Amerika dan Eropa, mobil ini terkesan seperti lelucon karena bentuknya yang aneh. Suzuki Carry adalah truk kei yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Jepang, Suzuki. Versi microvan awalnya disebut Carry van hingga 1982 ketika van itu diganti namanya menjadi Suzuki Every (Jepang: ス ズ キ ・ エ ブ リ イ). Di Jepang, Carry dan Every adalah mobil Kei tetapi Suzuki Every Plus, versi yang lebih besar dari Every, memiliki bonnet yang lebih panjang untuk tujuan keselamatan dan mesin empat silinder 1,3 liter lebih besar 86 hp (63 kW). Mereka telah dijual di bawah berbagai nama yang berbeda di beberapa negara, dan merupakan satu-satunya mobil yang ditawarkan dengan lencana Chevrolet dan Ford.

  19. Yamete Kudasai
    1

    The Subaru Sambar adalah truk kei kabin dan microvan yang diproduksi oleh Subaru, sebuah divisi dari Fuji Heavy Industries, khusus untuk pasar Jepang. Ini adalah Keitora pertama di Jepang (軽 ト ラ), singkatan untuk "truk kelas kei" dan masih diproduksi. Sambar tersedia dalam microvan dan Kei truck (Pickup truck style) untuk memenuhi panduan mobil Kei. Masih populer di pasar domestik, Sambar terus diproduksi di Jepang, China serta di Finlandia dengan usaha patungan dengan Elcat Automotive.

    Sejak diperkenalkan pada tahun 1961, Sambar telah menggunakan mesin belakang, format penggerak roda belakang (dengan opsional 4WD dari tahun 1980), dengan dua generasi pertama menggunakan mesin berpendingin udara dari Subaru 360, dan generasi selanjutnya menggunakan air- mesin didinginkan dari Subaru Rex, Vivio dan Pleo.

  20. Yamete Kudasai
    0

    The Dome Zero (童 夢 - 零 Dōmu Zero) adalah mobil sport prototipe dari DOME Co. Ltd yang dipamerkan di Auto Show ke-48 pada tahun 1978. Proyek Dome dimulai oleh Minoru Hayashi pada tahun 1975, dengan tujuan memproduksi mobil-mobil sport. menggunakan pengetahuan yang didapat dari balap mobil. Zero akan menjadi mobil produksi pertama mereka dan Dome berencana untuk memproduksi sejumlah terbatas untuk dijual di Jepang. Meskipun beberapa prototipe dan usaha untuk diproduksi massal sering dilakukan, Zero tidak pernah disetujui oleh regulator otomotif setempat untuk dijual di Jepang atau di luar negeri. Akibatnya, proyek itu tidak dapat dijalankan secara komersial dan Zero tidak pernah memasuki produksi seri.


What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
15
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
1
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
1
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes