Share on

Nihon Minka-en, sebuah museum dengan konsep open air yang memperkenalkan pengunjung dengan budaya dan bangunan tradisional Jepang pada abad ke-17 hingga abad ke-19.

Advertise With Us

Terletak di Kawasaki, Prefektur Kanagawa, museum ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari stasiun Shinjuku. Anda hanya perlu berjalan kaki 13 menit dari stasiun Mukougaoka-yuen atau 25 menit dari stasiun Noborito. Dengan membayar 500 yen untuk orang dewasa dan 300 yen untuk pelajar, anda dapat melihat keindahan arsitektural 25 bangunan tradisional Jepang dari 15 prefektur.

Di Nihon Minka-en pun ada model bangunan Gassho-zukuri dari Shirakawa-go. Shirakawa-go adalah desa di Gifu yang telah masuk sebagai warisan budaya UNESCO. Desa ini mempunyai bentuk rumah yang khas dengan atapnya yang dibuat curam untuk mengantisipasi salju yang menutupi desa. Bangunan-bangunan ini dibawa dari tempat asal dan direkonstruksi ulang di museum ini.

Bangunan disini terdiri atas rumah kuno, rumah pertanian, dan rumah perdagangan. Oleh Karena itu, bangunan-bangunan yang bisa dimasuki berisi peralatan dan perlengkapan yang dipakai pada masanya dan disertai dengan penjelasan tentang rumahnya.

Ada pula panggung Kabuki yang dibuat pada tahun 1857 dari sebuah kuil yang sudah menghilang di desa Funakoshi, semenanjung Shima. Banyak fasilitas yang dibutuhkan untuk penampilan kabuki ada disini, seperti panggung dengan diameter 5.4 meter, narakuhanamichisuppon di lantai, dan lain-lain.

nihon minka-en

Di museum ini sering diselenggarakan acara seperti festival, workshop kerajinan tangan seperti warazaiku (kerajinan tangan dari jerami), story-telling cerita rakyat, dan pertunjukan lain-lain. Museum juga memiliki toko suvenir yang menjual hasil kerajinan tangan seperti sandal dari jerami yang dicat warna-warni.

Ada dua tempat makan yang tersedia di museum ini. Yang pertama ada di lantai satu "The Yamashita House" yang menjual berbagai soba dan stand yang menjual dango.

Nihon Minka-en menyediakan tur berbahasa Inggris yang bisa dipesan 2 minggu sebelum berkunjung. Disini juga ada pamflet dan tanda berbahasa Inggris. Seperti museum pada umumnya, tempat ini ditutup hari Senin kecuali pada tanggal merah. Selain itu, museum ini tutup pada tanggal 29 Desember sampai 3 Januari.

nihon minka-en

Jam Buka Museum 9:30 – 17:00 (Maret sampai Oktober) 9:30 – 16:30 (November sampai Februari) Alamat: 7-1-1, Masugata, Tama-ku, Kawasaki-shi, Kanagawa

 

All images: nihonminkaen Source: japanvisitor, nihonminkaen